Bulog Yogyakarta jamin stok kebutuhan pokok cukup

id kebutuhan pokok, harga, pasar

Stok bahan kebutuhan pokok di Yogyakarta dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Lebaran (ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Yogyakarta memastikan stok berbagai bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran dalam kondisi yang cukup sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Stok bahan kebutuhan pokok cukup mulai dari beras, gula pasir, minyak goreng, dan daging kerbau beku,” kata Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Yogyakarta Rini Andrida di Yogyakarta, Rabu.

Stok beras yang kini dimiliki Bulog Yogyakarta mencapai sekitar 32.000 ton yang diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sembilan bulan, sedangkan untuk gula pasir mencapai sekitar 2.850 ton, dan minyak goreng tersedia sekitar 20 ton.

Sedangkan untuk daging kambing beku, Bulog Yogyakarta sudah meminta stok sebanyak 22 ton selama Ramadhan dan Lebaran yang akan datang secara bertahap menyesuaikan kapasitas “freezer” yaitu maksimal enam ton.

Selain stok yang dipastikan cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat, Rini juga memastikan harga bahan kebutuhan pokok juga stabil. Beras kualitas medium dijual dengan harga Rp8.800 kg, sedangkan untuk beras premium dijual Rp11.500 per kg, dan daging kerbau beku akan dijual Rp72.000 per kg.

Bahan kebutuhan pokok yang menjadi stok Bulog Yogyakarta tersebut didistribusikan melalui berbagai jalur, seperti kegiatan pasar murah, penjualan paket sembako hingga operasi pasar. “Jalur distribusinya bermacam-macam sehingga masyarakat bisa memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan mudah,” katanya.

Hingga memasuki pertengahan bulan puasa, Rini menyebutkan belum terjadi kenaikan permintaan yang signifikan dari masyarakat. “Tingkat konsumsi masih stabil. Tidak ada ‘rush’ pembelian bahan kebutuhan pokok. Kenaikan permintaan diperkirakan baru akan terjadi mendekati Lebaran. Tetapi, kami sudah antisipasi dengan menyiapkan stok yang cukup,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono memastikan harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional tetap stabil hingga saat ini dengan stok yang cukup.

“Harga masih stabil. Bahkan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti bawang putih sudah turun,” katanya.

Pada 28-29 Mei, Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Bulog akan menggelar pasar rakyat untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah sekaligus menampilkan semua potensi usaha kecil mikro (UKM) di Kota Yogyakarta. Kegiatan akan digelar di Jalan Ipda Tut Harsono Yogyakarta.
Baca juga: DIY adakan bazar sembako murah menjaga stok bahan pangan

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar