Dinkes Bantul mendirikan empat Pos Kesehatan Jalan Raya

id Dinkes Bantul,Pos Kesehatan,Pos Kesehatan Jalan Raya,Pos Kesehatan Pemkab Bantul,Posko musik

Dinkes Bantul mendirikan empat Pos Kesehatan Jalan Raya

Kantor Dinas Kesehatan Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakart akan mendirikan Pos Kesehatan di empat titik jalan raya di wilayah ini dalam rangka kesiapan menghadapi arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Bantul Agus Triwidiyantoro di Bantul, Sabtu, mengatakan, untuk kesiapan menghadapi Lebaran 2019 ada beberapa langkah yang dilakukan, diantaranya penyiapan pos kesehatan baik dimulai sebelum atau sesudah Lebaran.

"Pos Kesehatan sebelum hari raya di lokasi jalan raya ada empat pos. Pos Kesehatan ini secara umum dimulai pada H - 4 sampai dengan H + 4 Lebaran, bisa bervariasai sesuai dengan kebutuhan di lapangan," katanya.

Empat Pos Kesehatan Jalan Raya itu antara lain Pos Bantul Kota yang berada di seputaran Pasar Bantul, Pos Timur Jembatan Srandakan di sekitar bundaran Srandakan, Pos Jalan Lingkar Timur Ketandan dan Pos Piyungan di Jalan Wonosari.

Menurut dia, setiap Pos Kesehatan Jalan Raya akan dilengkapi dengan sejumlah petugas medis dan relawan serta tidak menutup kemungkinan disiagakan mobil ambulans beserta sopir lengkap dengan peralatan medis dan obat-obatan.

"Jadi untuk di sana (pos kesehatan) akan ada dari tim medis, beserta dengan peralatan obat-obatan yang dibutuhan untuk kasus kegawatdaruratan sebagai antisipasi ketika ada kasus kecelakaan," katanya.

"Termasuk obat yang dibutuhkan untuk pengemudi yang kelelahan dan untuk pertolongan kita siapkan di sana. Tetapi karena tempatnya di pos-pos nanti peralatan dibawa oleh tim ambulansnya masing-masing," katanya.

Agus mengatakan, untuk Pos Kesehatan di Timur Jembatan Srandakan nantinya juga bisa dimanfaatkan sebagai rest area atau tempat beristirahat bagi pemudik atau pengendara yang melintas di jalur tersebut.

"Yang di Timur Jembatan Srandakan bisa untuk rest area dan akan diampu teman-teman dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, kemudian di Jalan Lingkar Timur di perempatan Ketandan dan Pos Piyungan sebagai tempat istirahat juga," katanya.
Baca juga: Polres Bantul menyiiapkan lima Pos Pengamanan Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar