XL Axiata meningkatkan kualitas-kapasitas jaringan di DIY dan Jateng

id data, jaringan,xl axiata

Teknisi sedang melakukan pengecekan salah satu site XL Axiata di BTS perbatasan tol Ngawi (foto istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan data di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) menjelang libur panjang Lebaran 2019.

"Penguatan jaringan data ini terus dilakukan seiring dengan tumbuhnya trafik dan berkembangnya jumlah pelanggan. Selain itu, kedua daerah juga merupakan satu tujuan utama mudik dan wisata," kata Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, dari tahun ke tahun, DIY menjadi tujuan utama masyarakat yang mudik dan berlibur. "Kami memperkirakan tahun ini akan semakin ramai lagi setelah jalan Tol Trans Jawa jadi sehingga semakin mudah masyarakat dari berbagai daerah datang ke DIY dan Jateng," katanya.

Artinya, akan ada kemungkinan kenaikan trafik semua layanan, terutama data, yang signifikan sepanjang libur Lebaran nanti. "Oleh karena itu, kami mengamankan koneksi di jalur transportasi utama, serta destinasi wisata yang ada di hampir merata di seluruh DIY maupun Jateng," katanya.

Sofia mengatakan, untuk wilayah DIY dan Jateng ini, kapasitas jaringan telah ditingkatkan dua kali lipat. Dengan demikian, misalnya terjadi lonjakan trafik data yang signifikan, jaringan XL Axiata akan tetap aman.

Merujuk pada kenaikan trafik Lebaran 2018 dan rata-rata kenaikan trafik di hari-hari libur panjang, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik data sekitar 30 persen dibandingkan hari normal. 

Ia mengemukakan, berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, kenaikan trafik data tertinggi untuk wilayah DIY diperkirakan akan ada di Kabupaten Gunung Kidul mencapai 60 persen. GUnung Kidul sebagai alternatif jalur jalan lintas selatan menuju Yogyakarta dengan berbagai destinasi wisata pantainya. 

Selain Gunung Kidul, kenaikan juga diperkirakan akan terjadi di Kota Yogyakarta, serta Kabupaten Sleman dengan area Kaliurang dan Candi Prambanan. XL Axiata juga memperkuat jaringan di sekitar Yogyakarta International Airport, bandara baru yang berlokasi di area Kulon Progo.

Ia mengatakan, kenaikan trafik data tertinggi untuk wilayah Jateng diperkirakan akan ada di Kabupaten Brebes mencapai 60 persen. Selain sebagai pintu masuk ke Jateng dari arah barat melalui jalur pantai utara, Brebes juga merupakan salah satu daerah asal banyak pekerja informal di berbagai kota di Jawa Barat dan Jabodetabek.

"Kota lainnya di Jateng yang biasanya mengalami kenaikan trafik data yang signifikan adalah Cilacap, Pemalang, dan Tegal," kata Sofia.

Untuk jaringan pendukung, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhkan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah Jateng dan DIY. MBTS sudah disiapkan di sepanjang jalur utama pemudik dan tujuan wisata utama sepanjang libur panjang Lebaran, antara lain di area Sumpiuh dan Parangtritis. 

Di luar momen Lebaran, menurut dia, jumlah pelanggan di area Jateng dan DIY memang terus meningkat. Total pelanggan ini mencapai 15 persen dari total pelanggan XL Axiata secara nasional.

Sementara itu, trafik penggunaan layanan data juga telah meningkat sekitar 62 persen setahun terakhir. Oleh karena itu, pihaknya perlu mengimbangi dengan menambah infrastruktur jaringan secara memadai agar kualitas layanan tetap prima. 

"Saat ini di seluruh Jateng dan DIY beroperasi lebih dari 15 ribu BTS, sebanyak lebih dari 6 ribu BTS di antaranya adalah BTS 3G dan sekitar 4 ribu BTS 4G. Pembangunan jaringan data berkualitas akan terus dilakukan sepanjang tahun ini, terutama untuk menjaga kualitas jaringan," kata Sofia. 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar