Baznas Yogyakarta bagikan sebanyak 539 paket penjaga masjid-penggali makam

id Baznas Yogyakarta, paket, ramadhan

Baznas Yogyakarta bagikan sebanyak 539 paket penjaga masjid-penggali makam

Baznas Kota Yogyakarta menyerahkan paket Ramadhan berisi uang serta bingkisan untuk penjaga masjid, rois hingga penggali makam (Humas Kota Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta membagikan 539 paket Ramadhan yang terdiri dari uang Rp300.000 dan bingkisan untuk penjaga masjid, kaum rois, dan penggali makam yang berasal dari zakat serta sedekah yang diterima lembaga tersebut.

“Kegiatan ini diharapkan menghadirkan senyum bagi penjaga masjid, rois, dan penggali makam. Atas semua jasa beliau, maka kaum muslimin bisa menunaikan ibadah dengan nyaman,” kata Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta Syamsul Azhari di Yogyakarta, Senin.

Sebagian besar paket Ramadhan tersebut diserahkan kepada penjaga masjid sebanyak 300 paket, 135 paket untuk kaum rois, 90 paket untuk penggali makam serta 13 paket untuk penjaga KUA.

“Melalui kegiatan ini, kami juga berharap bisa memberikan edukasi yang lebih baik kepada masyarakat tentang pemanfaatan zakat, infak, dan sedekah,” katanya.

Selain memberikan paket Ramadhan, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan zakat mal dari pejabat serta aparat pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta senilai Rp257,6 juta serta penyerahan zakat fitrah senilai Rp22,7 juta.

Pada 2018, Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta mampu mengumpulkan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lain hingga mencapai Rp5,38 miliar yang kemudian dikelola dan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan di antaranya, Jogja Cerdas, Jogja Takwa, Jogja Sehat, Jogja Peduli, dan Jogja Sejahtera.

Selama bulan puasa, Baznas Kota Yogyakarta juga membuka sejumlah gerai di pusat-pusat keramaian dan perbelanjaan untuk memudahkan masyarakat menunaikan kewajibannya membayar zakat, di antaranya di Lippo Mall, XT-Square dan di Jogjatronik.

Baznas juga membuka konsultasi dan penjemputan zakat, infak, dan sedekah serta penerimaan zakat fitrah sekaligus pentasharufannya.

Zakat fitrah dapat dikumpulkan dalam bentuk uang tunai dengan ketentuan bahwa satu fitrah setara 2,5 kilogram beras atau seharga Rp35.000. Pengumpulan zakat fitrah bisa diserahkan langsung ke kantor Baznas paling lambat 27 Mei atau bisa ditransfer ke rekening Baznas Kota Yogyakarta. Pada tahun lalu, Baznas Kota Yogyakarta bisa mengumpulkan zakat fitrah senilai Rp686,7 juta.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, kegiatan berbagi saat Ramadhan akan semakin menyempurnakan ibadah puasa yang sedang dijalani masyarakat.

“Selain berbagi kebahagiaan, kegiatan ini juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Harapannya, penyaluran zakat, infak, dan sedekah melalui Baznas Kota Yogyakarta bisa semakin ditingkatkan sehingga berbagai program yang dimiliki Baznas bisa dijalankan semakin optimal,” katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024