Aston Villa kembali ke Liga Premier setelah mengalahkan Derby County

id aston villa,derby county,playoff liga inggris,liga inggris

Bintang Aston Villa Jack Grealish (kiri) dan rekannya John McGinn (kanan) meluapkan kegembiraan usai berhasil mengalahkan Derby County 2-1 dalam final playoff Divisi Championship di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin (27/5/2019), demi meraih satu tiket promosi ke Liga Premier. (ANTARA/REUTERS/Ed Sykes)

Jakarta (ANTARA) - Aston Villa meraih satu tiket promosi untuk kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris, Liga Premier, setelah mengalahkan Derby County 2-1 dalam laga final playoff di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin.

Tim asal kota Birmingham itu sudah tiga musim lamanya absen dari kasta tertinggi Liga Inggris dan berkompetisi di kasta kedua, Divisi Championship, setelah terdegradasi pada akhir musim 2015/2016 silam, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sejak Dean Smith mengambil alih posisi pelatih kepala menggantikan Steve Bruce yang dipecat Villa berhasil menempati peringkat kelima klasemen akhir Divisi Championship dengan koleksi 76 poin berkat 20 kemenangan dan 16 hasil imbang dalam 46 pertandingan.

Berada di peringkat kelima, Villa berhak mengikuti fase playoff bersama tiga tim lainnya untuk memperebutkan satu tiket promosi tersisa ke Liga Premier.

Di semifinal playoff, Villa menang 2-1 di laga pertama sebelum menelan kekalahan 0-1 di laga kedua kontra West Bromwich Albion. Lantaran tak mengenal format keunggulan gol tandang, laga kedua dilanjutkan hingga adu penalti dan Villa menang 4-3.

Baca juga: Kalahkan Leeds, Derby bertemu Villa pada final playoff

Di final, Villa berhadapan dengan Derby yang sebelumnya menyingkirkan Leeds United.

Semenit jelang waktu normal babak pertama berakhir di Wembley, Anwar El Ghazi berhasil membawa Villa unggul lewat tandukannya menyambut umpan silang kiriman Ahmed Elmohamady.

Keunggulan itu digandakan pada menit ke-59, ketika kiper Derby Kelle Roos melakukan blunder gagal mengamankan bola lambung lemah hasil tembakan El Ghazi yang membentur bek Derby.

Roos gagal mengamankan bola yang malah ditanduk oleh John McGinn ke gawang yang sudah tak bertuan demi mengubah skor menjadi 2-0.

Derby, yang diasuh Frank Lampard, terus berusaha mencetak gol balasan namun baru memetik hasilnya pada menit ke-81 saat tembakan Jack Marriot mengenai rekannya sendiri Martyn Waghorn dan sukses memperdaya kiper Jed Steer.

Sayangnya, waktu tak tersisa cukup banyak bagi Derby dan Villa berhasil mempertahankan skor 2-1 hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Villa promosi ke Liga Premier mendampingi Norwich City dan Sheffield United yang sudah beberapa pekan lalu telah memastikan tempatnya di kasta tertinggi musim depan.

Baca juga: Menang adu penalti antar Villa ke final playoff
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar