Anisimova mengalahkan Halep untuk bertemu Barty di semifinal

id amanda anisimova, french open, semifinal french open, prancis terbuka

Anisimova mengalahkan Halep untuk bertemu Barty di semifinal

Amanda Anisimova dari AS meyeka wajahnya dalam pertandingan oerempat final melawan petenis Rumania Simona Halep, pada hari ke-12 French Open 2019 di Roland Garros, Kamis (6/6/2019). (AFP/PHILIPPE LOPEZ)

Jakarta (ANTARA) - Remaja asal Amerika Amanda Anisimova mengalahkan juara bertahan Simona Halep, Kamis, untuk mencapai semifinal French Open melawan unggulan delapan asal Australia Ashleigh Barty.

Petenis berusia 17 tahun itu menundukkan bintang asal Rumania Halep 6-2, 6-4 di Lapangan Philippe Chatrier, sementara Barty menyisihkan unggulan 14 Madison Keys 6-3, 7-5 untuk juga menjadi semifinalis Grand Slam pertama kalinya.

Babak empat besar akan dimainkan Jumat, setelah hujan deras pada Rabu di Paris menyebabkan sejumlah pertandingan tertunda.

"Ini lebih dari yang bisa saya mohon," kata Anisimova, pemain termuda yang mencapai semifinal turnamen utama sejak petenis Ceko Nicole Vaidisova pada Australia Open 2007 sebagaimana dikutip AFP.

Ia juga petenis putri Amerika termuda yang mencapai empat besar pada turnamen utama sejak Venus Williams pada US Open 1997, dan yang termuda mencapai semifinal di Roland Garros sejak Jennifer Capriati pada 1990.

"Saya tahu jika saya ingin menang hari ini saya harus melakukan sesuatu yang berbeda karena ini tidak akan mudah," tambah Anisimova.

"Saya sangat gembira dengan performanya karena ini salah satu pertandingan terbaik yang pernah saya mainkan."

Kekalahan bagi unggulan ketiga Halep berarti sekarang sudah 12 tahun sejak gelar di Paris berhasil dipertahankan -- kemenangan ketiga beruntun petenis Belgia Justine Henin pada 2007.

Pemenang pertandingan antara Anisimova melawan Barty akan menghadapi salah satu di antara petenis Inggris Johanna Konta atau gadis Ceko berusia 19 tahun Marketa Vondrousova pada final.

Ini pertama kalinya dua remaja mencapai semifinal Grand Slam dalam 10 tahun, sementara belum pernah terjadi di Roland Garros sejak Henin dan Kim Clijsters pada 2001.

Anisimova menghasilkan 25 winner atas Halep yang kebingungan, yang melakukan 17 kesalahan sendiri dan melakukan dua kesalahan ganda.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024