Hamilton rengkuh juara di GP Kanada

id formula one,formula 1,gp kanada,sebastian vettel,lewis hamilton,hasil gp kanada

Hamilton rengkuh juara di GP Kanada

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton melakukan selebrasi usai dinobatkan sebagai juara GP Kanada, Minggu waktu setempat. Dan Istitene / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP

Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton memenangi balapan GP kanada untuk Mercedes pada Minggu waktu setempat berkat keputusan kontroversial penalti lima detik yang dijatuhkan kepada Sebastian Vettel dari Ferrari yang menyentuh garis finis pertama hari itu.

Vettel yang start dari pole position menyentuh garis finis pertama di depan Hamilton namun tidak ada perayaan kemenangan untuk Ferrari hari itu karena sang pebalap Jerman harus turun ke peringkat dua setelah mendapatkan hukuman karena re-entry yang membahayakan di trek, demikian Reuters.

Berada di bawah tekanan dari Hamilton, Vettel membuat kesalahan di putaran ke-48 ketika dia terlalu keras melintasi chicane dan melebar ke rumput di pinggir trek. Dia berhasil mengendalikan mobilnya untuk kembali ke trek di depan sang pebalap Inggris yang terpaksa melakukan pengereman keras agar terhindar dari terpojok ke pagar pembatas.

Balapan dilanjutkan sementara insiden tersebut diinvestigasi oleh steward. Beberapa lap kemudian ketika Vettel diberitahu keputusan penalti tersebut, amarah sang juara dunia empat kali itu meledak seperti terdengar di radio komunikasi pebalap.

"Aku tak punya jalan lain. Serius, aku tak bisa kemana-mana," kata Vettel. "Mereka merampas balapan ini dari kami."

"Yang benar saja, kalian buta jika mengizinkan dia lewat dan tidak mengendalikan mobilmu, ke mana seharusnya aku melintas?"

"Ini adalah dunia yang salah, ini tidak adil."

Baca juga:Penalti kontroversial rampas kemenangan Vettel di Kanada
Baca juga:Redam Mercedes di GP Kanada, Vettel pastikan Ferrari punya triknya


Di tempat lain Mercedes memberi tahu Hamilton untuk tetap berada "di belakang girbok Vettel" dan menyambut kemenangan itu.

"Bukan kemenangan seperti yang aku inginkan," ungkap Hamilton, yang mengoleksi lima kemenangan musim ini serta menyamai rekor kemenangan Michael Schumacher di Kanada selama tujuh kali itu.

Sejumlah fans yang tidak senang meneriaki Hamilton ketika berada di podium untuk posisi pertama.

"Pertama, bukan aku yang membuat keputusan ini jadi aku tak tahu apa yang mereka teriakkan, mungkin keputusannya," kata Hamilton.

Keputusan untuk menjatuhkan hukuman ke Vettel membuat Mercedes memperpanjang dominasi mereka dengan menyapu bersih tujuh gelar juara Grand Prix musim ini.

Rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas finis keempat.

Sementara Max Verstappen mengamankan poin berharga untuk Red Bull di peringkat lima. Rekan satu timnya, Pierre Gasly finis di P8 di belakang dua pebalap Renault Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg finis berurutan di P6 dan P7.

Pebalap tuan rumah Lance Stroll mengamankan dua poin untuk Racing Point di P9, dan Daniil Kvyat mengemas poin terakhir di balapan itu di P10.

Ferrari yang tak senang harus puas membawa pulang trofi runner-up di podium oleh Vettel dan peringkat tiga oleh rekan satu timnya, Charles Leclerc.

Setelah balapan, Vettel melompat keluar dari mobilnya dan langsung menuju ke kantor steward.

Ketika dia keluar dari sana, dia berjalan melintasi mobil balap yang diparkir dan mengambil tanda nomor satu di depan mobil Hamilton kemudian menggantinnya dengan penanda nomor dua.

"Penonton seharusnya tidak meneriaki Lewis karena kalian melihat apa yang terjadi," kata Vettel. "Aku mengalami kesulitan untuk berada di trek tapi orang-orang tidak seharusnya meneriaki Lewis, jika ada yang harus mereka teriaki itu adalah keputusan yang lucu ini."

Pebalap asal Jerman itu bisa terkena hukuman tambahan atau denda karena melewatkan timbang badan dan parc ferme usai balapan.

Dengan hasil itu Hamilton masih kokoh di puncak klasemen pebalap dengan 162 poin diikuti oleh Bottas dengan 133 poin. Sementara Vettel berada di peringkat tiga dengan defisit 62 poin dari pemuncak klasemen




Hasil GP Kanada
1 Lewis Hamilton Mercedes 1:29:07,084
2 Sebastian Vettel Ferrari +3,658 detik
3 Charles Leclerc Ferrari +4,696 detik
4 Valtteri Bottas Mercedes +51,043 detik
5 Max Verstappen Red Bull Racing Honda +57,655 detik
6 Daniel Ricciardo Renault +1 lap
7 Nico Hulkenberg Renault +1 lap
8 Pierre Gasly Red Bull Racing Honda +1 lap
9 Lance Stroll Racing Point BWT Mercedes +1 lap
10 Daniil Kvyat Scuderia Toro Rosso Honda +1 lap
11 Carlos Sainz McLaren Renault +1 lap
12 Sergio Perez Racing Point BWT Mercedes +1 lap
13 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Ferrari +1 lap
14 Romain Grosjean Haas Ferrari +1 lap
15 Kimi Räikkönen Alfa Romeo Racing Ferrari +1 lap
16 George Russell Williams Mercedes +2 laps
17 Kevin Magnussen Haas Ferrari +2 laps
18 Robert Kubica Williams Mercedes +3 laps

Tidak finis
NC Alexander Albon Scuderia Toro Rosso Honda DNF
NC Lando Norris McLaren Renault DNF

Baca juga:Pratinjau - Ferrari masih miliki harapan di Kanada
Baca juga:GP Kanada bikin khawatir Mercedes



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024