Polbangtan Yoma siap menerjunkan mahasiswa dukung optimalisasi alsintan

id Polbangtan,Petani,Alsintan

Polbangtan Yoma siap menerjunkan mahasiswa dukung optimalisasi alsintan

Ilustrasi- petani mengolah lahan pertanian dengan alsintan. (FOTO ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang siap menerjunkan mahasiswa untuk melakukan pendampingan Program Optimalisasi Pemanfaatan Alat dan Mesin Pertanian di Kabupaten Kebumen dan Cilacap, Jawa Tengah yang dicanangkan Kementerian Pertanian.

Kepala Laboratorium Alat dan Mesin Pertanian Polbangtan Yogyakarta-Magelang (Yoma) Kodrad Winarno di Yogyakarta, Jumat, mengatakan sebanyak 139 mahasiswa tingkat dua akan diterjunkan untuk mendampingi petani pada minggu ketiga Juni ke Kabupaten Kebumen dan Cilacap.

"Pendampingan ini untuk mendorong pemanfaatan alat dan mesin pertanian (alsintan) di Kabupaten Kebumen dan Cilacap guna mendukung luas tambah tanam padi jagung kedelai," kata Kodrad.

Menurut dia, sebelum diterjunkan untuk memberi pendampingan, para mahasiswa dibekali bimbingan teknis (bimtek) mengenai alsintan terlebih dahulu.

Untuk mendukung keterampilan mahasiswa serta menambah jam terbang pengoperasian alsintan, menurut dia, aset alsintan yang ada di Polbangtan Yoma akan dilengkapi agar mahasiswa memiliki pengalaman mengenai modernisasi pertanian mulai hulu sampai hilir.

"Strategi kedua adalah membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teknologi Inovasi (Teknov) yang mewadahi minat mahasiswa dalam mengelola alsintan," kata Kodrad.

Dosen pembimbing kegiatan pendampingan Polbangtan Yoma, Agus Wartapa mengatakan bimtek alsintan kepada mahasiswa di kampus Polbangtan Yoma Jurusan Pertanian dilaksanakan 14 Juni 2019 dengan memperkenalkan tujuh alsintan yaitu traktor roda dua, traktor roda empat, transplanter, combine harvester, pompa air, power thresher dan sprayer.

"Dengan bimtek ini mahasiswa akan di-'refresh' kembali pengalaman mereka dalam mengoperasikan dan merawat alsintan sehingga nantinya ketika mereka mendampingi petani bisa langsung membantu mereka," kata dia.

Sementara itu, salah satu mahasiswa peserta bimtek Lukman mengaku senang karena mendapatkan pengalaman baru mengenai pengoperasian dan perawatan alsintan. "Yang paling penting adalah kami menjadi lebih pede mendampingi petani," kata dia.

Baca juga: Kelompok Tani Potorono terapkan mekanisasi pertanian
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024