Ummi menahan remis pemuncak klasemen Kertie

id Percasi,catur

WFM Ummi Fisabilillah (yopie/PB Percasi)

Yogyakarta (ANTARA) - Pecatur muda Indonesia yang tengah diproyeksikan meraih gelar Master Intenasional Wanita, WFM Ummi Fisabillah, menahan remis pimpinan klasemen katagori Grand Master Wanita pada babak keempat Turnamen catur internasional Japfa 2019 di Hotel Grand Ina Yogyakarta, Sabtu malam.

Ummi pecatur bergelar Master FIDE Wanita yang memainkan buah putih sukses menahan remis pimpinan klasemen katagori putri sekaligus juara bertahan Grand Master Wanita Kertie Tsatsalashvili dari Georgia. Di laga tersebut, Ummi berusaha untuk merebut kemenangan dengan pembukaan agresif gambit menteri. Perkembangan buah catur pun berlangsung cepat. Di sisi lain, Keti dengan segala pengalaman berhasil mementahkan serangan Ummi hingga terjadi deadlock dan harus diakhiri dengan remis pada langkah ke-19.

Menurut Ummi, berdasarkan dari pengalaman tahun lalu ketika ia dikalahkan oleh Keti, kali ini ia mencoba menggunakan pembukaan yang berbeda dengan memajukan bidak ke d4. Strategi ini membuahkan hasil yang lebih baik dari tahun lalu, meskipun ia belum bisa menundukkan lawannya yang merupakan juara bertahan tersebut.

"Tadi berusaha menang, tapi enggak tembus-tembus. Dia positioningnya bagus. Makanya tadi terjadi langkah bolak-baliktiga kali. Mau enggak mau ya remis," kata dara kelahiran tahun 2000 itu.

Bagi Keti sendiri, hasil remis belum menggoyahkan posisinya di puncak klasemen karena sebelumnya ia membukukan hasil sempurna dari tiga babak yang dimainkan. Sedangkan Ummi masih di posisi dua mengumpulkan 2 setengah angka kemenangan.

Hasil pertandingan Sabtu untuk kategori WGM

Babak ketiga:

1.IM Milliet Sophie 0 - 1 WIM Pujari Rucha
2. WGM Gong Qianyun 1 - 0 WIM Luong Phuong Hanh
3. WIM Citra Dewi AA ½ - ½ WIM Sihite Chelsie Monica Ignesias
4. IM L'ami Alina 0 - 1 WFM Fisabilillah Ummi
5. WGM Tsatsalashvili Keti 1 - 0 WFM Monica Putri Wigustira
6. WFM Hanfin Zahra C. A1 - 0 WFM Nurdin Tammi Nasuha

Babak keempat:

1. WIM Pujari Rucha 1-0 WFM Nurdin Tammi Nasuha
2. WFM Monica Putri W 0-1 WFM Hanfin Zahra Chumaira Amelia
3. WFM Fisabilillah Ummi 1/2-1/2 WGM Tsatsalashvili Keti
4. WIM Sihite Chelsie Monica ½-1/2 IM L'ami Alina
5. WIM Luong Phuong Hanh 1-0 WIM Citra Dewi Ardhiani Anastasia
6. IM Milliet Sophie 0-1 WGM Gong Qianyun.



Baca juga: Susanto Megaranto kembali remis dengan juniornya
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar