Indonesia siap menggelar Asia Pacific Geoparks Network 2019

id asia pacific geoparks network

Indonesia siap menggelar Asia Pacific Geoparks Network 2019

Tim memantau persiapan ajang Asia Pacific Geoparks Network 2019. (Dokumentasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia siap untuk menggelar kembali Asia Pacific Geoparks Network (AGPN) 2019 yang rencananya akan berlangsung di UNESCO Global Gunung Rinjani, Lombok, NTB pada 30 Agustus - 6 September 2019.

Asisten Deputi Bidang Jejaring Inovasi Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, Latief Nurbana dalam siaran pers, Sabtu, menjelaskan, ajang APGN ini sekaligus akan memperlihatkan siapa sejatinya masyarakat Lombok yang telah lama hidup berdampingan dengan Gunung Rinjani.

"Event APGN ini juga diharapkan dapat ikut menginformasikan bahwa NTB sudah aman untuk dikunjungi, mengingat beberapa waktu lalu wilayah ini diguncang gempa yang cukup dahsyat," kata Latief Nurbana.

Latief bersama tim juga telah langsung bergerak cepat untuk melaksanakan rapat koordinasi tingkat Propinsi yang menghadirkan berbagai pihak terkait, dilanjutkan dengan survey lokasi yang nantinya akan dijadikan lokasi field trip para peserta event APGN 2019, pada 13-14 Juni 2019.

Menurut dia, dari hasil rakor dan pantauan lapangan langsung, terlihat bahwa ada beberapa hal yang sudah ada perbaikan.

"Berdasarkan masukan dari seluruh pihak, dalam waktu dekat saya memandang perlu adanya high level meeting lanjutan di tingkat provinsi, sampai pertemuan di tingkat desa yang terkibat dalam event ini, karena acara ini akan melibatkan peran serta masyarakat," katanya.

Latief mengemukakan bahwa meski ajang ini adalah acara pemerintah provinsi, tetapi ada sisi pemberdayaan sehingga nanti masyarakat akan mendapatkan dampak positif dari penyelenggaraan acara tersebut.

Dirinya juga mempunyai pesan agar acara ini nantinya juga ikut menggaungkan Gerakan Indonesia Bersih.

"Saya juga mempunyai pesan agar acara ini nantinya akan ikut menggaungkan Gerakan Indonesia Bersih, bagaimana kita mempunyai kesadaran akan kebersihan, khususnya bagaimana masyarakat NTB peduli terhadap kebersihan lingkungannya, mengolah dan memilah sampah," ujar Latief.

Ada beberapa catatan penting yang perlu segera ditindak lanjuti demi persiapan event APGN 2019, di antaranya pengamanan dan pengawalan di lokasi fied trip yang akan melibatkan aparat setempat, berbagai hiburan dan atraksi budaya yang sejalan dengan kearifan lokal khas masyarakat nusantara, promosi berupa publikasi dan pemasangan baliho serta spanduk di berbagai lokasi strategis, pembekalan terhadap interpreter dan safety instruction, lalu pembekalan untuk para personel pemandu dan petugas event APGN 2019.

Selain itu, beberapa hal lain yang perlu mendapat perhatian lebih adalah pembenahan sarana dan pra sarana umum seperti misalnya penyediaan toilet portabel di lokasi venue, rehabilitasi jembatan, papan penunjuk arah, papan informasi di setiap geosite yang sudah lapuk, kebersihan dan ketertiban di lokasi venue.

"Namun demikian secara keseluruhan berbagai pihak terkait dan utamanya masyarakat, sangat antusias dan mempersiapkan diri untuk menyambut event internasional ini," ucapnya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024