Kalah 6-0 atas Indonesia, Pelatih Vanuatu kecewa dengan performa timnya kontra Indonesia

id timnas indonesia,vanuatu,paul munster,alberto goncalves

Kalah 6-0 atas Indonesia, Pelatih Vanuatu kecewa dengan performa timnya kontra Indonesia

Pelatih tim nasional Vanuatu Paul Munster (tengah) memberikan keterangan kepada media usai laga persahabatan internasional FIFA kontra Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (15/6). Pertandingan itu dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 6-0. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Vanuatu Paul Munster kecewa melihat performa skuatnya saat berhadapan dengan Indonesia dalam laga persahabatan FIFA di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (15/6), di mana mereka kalah 6-0.

"Kami melakukan banyak kesalahan terutama dari individu pemain. Kami terlalu banyak memainkan bola di lini belakang, kehilangan penguasaan bola dan tidak menjalankan rencana pertandingan," ujar Munster usai laga d Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6) malam.

Menurut pelatih asal Irlandia Utara tersebut, sejatinya dia berharap lebih kepada anak-anak asuhnya. Seharusnya mereka tidak kalah dengan skor sebesar itu.

"Kami sebenarnya bisa bermain lebih baik," kata dia.

Selain penampilan pemain, ada beberapa hal lain yang dianggapnya memengaruhi hasil tersebut.

Salah satunya, nama-nama yang diturunkan Munster di Jakarta adalah pemain muda. Laga di Indonesia bahkan menjadi pertandingan pertama mereka di Asia.

Lalu, pemainnya kelelahan karena perjalanan yang panjang ke Indonesia. Selain itu, mereka juga baru menuntaskan turnamen persahabatan tiga negara pada 4 dan 10 Juni 2019, di mana Vanuatu menghadapi Tahiti dan Fiji.

"Stamina kami turun terutama di babak kedua," tutur Munster.

Terakhir, absennya dua pilar mereka yakni bek Brian Kaltak (bermain di Auckland City, Selandia Baru) dan gelandang Mitch Cooper (Hume City, Australia) juga dianggap berdampak pada tim.

Brian dan Mitch adalah dua pemain yang dinilai paling berpengalaman dan berpengaruh di skuat.

"Kami kehilangan mereka. Ketika tidak ada pemain bagus yang menjadi pemimpin di lapangan, skuat kami yang banyak pemain muda tampil kesulitan," ujar pelatih berumur 37 tahun itu.

Meski demikian, dengan segala situasi yang ada, Munster tetap mengapresiasi usaha keras para pemainnya di lapangan.

Mereka telah berjibaku dengan susah payah agar gol lain tidak tercipta.

"Mereka dapat menahan permainan Indonesia sehingga kami tidak kalah dengan skor 7-0 atau 10-0," tutur Munster.

Timnas Indonesia mengalahkan Vanuatu dengan skor 6-0 dalam laga persahabatan FIFA yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Penyerang Alberto Goncalves mencetak empat gol dalam laga tersebut yaitu pada menit kedua, 47', 60' dan 65'. Adapun dua gol lain dihadirkan oleh Evan Dimas (18', 74'). 

Baca juga: Beto persembahkan empat gol ke gawang Vanuatu 6-0 untuk anak