Chelsie belum mampu menundukkan Keti, hanya bermain remis

id Chelsie Monica Sihite,Japfa catur

Chelsie belum mampu menundukkan Keti, hanya bermain remis

WMI Chelsie Monica Sihite vs WGM Tsatsalashvili Keti pada babak kelima, Minggu (16/6} (Yopie/PB. Percasi)

Yogyakarta (ANTARA) - Andalan utama di kelompok Grand Master Wanita, WIM Chelsie Monica Sihite (2212), belum mampu menundukkan pimpinan klasemen sementara WGM Tsatsalashvili Keti (2356) dan hanya mampu bermain remis pada babak kelima turnamen catur internasional Japfa GM dan WGM di Yogyakarta, Minggu.

Chelsie yang bermain dengan buah hitam harus puas dengan tambahan setengah poin usai menerima tawaran remis pada langkah ke-30 dari pecatur asal Georgia itu karena memang posisi buah catur kedua belah pihak saling menjaga dan sulit untuk menemui celah menyerang.

"Sebenarnya sebelum langkah ke-30, posisi udah gak mungkin untuk menyerang. Dia harus menjaga kotak g5 dari ancaman saya, sementara saya harus mengawasi kotak d4 agar dia tidak bisa menyerang," kata Chelsie.

Kalau melihat dari permainan tadi, hasil remis adalah cukup baik baginya meskipun ia sebelumnya berharap menang guna mengumpulkan poin untuk mengejar syarat Norma WGM pada turnamen yang diselenggarakan atas kerjasama PT. Japfa Comfeed Indonesia dengan PB Percasi ini.

"Di opening sebenarnya saya sempat sedikit bikin salah, sehingga pas masuk permainan tengah dia sedikit lebih unggul. Tapi saya bisa menetralisir agar gajah dia tidak aktif dengan resiko kedua gajah saya pun tidak aktif," kata dara kelahiran 1997 ini.

Dengan raihan setengah poin tersebut, Chelsie kini mengumpulkan poin 3 dan harus memburu 5 poin lagi dari enam babak tersisa untuk bisa meraih Norma WGM agar memenuhi minimal 8 poin sebagaimana yang disyaratkan oleh aturan FIDE.

"Masih ada peluang, karena lawan terberat Sophie (IM Milliet Sophie) dan Keti sudah dihadapi. Mudah-mudahan saya bisa," kata Chelsie.

Sementara itu, Keti mengaku cukup puas dengan hasil remis tersebut meskipun seharusnya ia bisa menang. Hasil seri ini merupakan yang kedua bagi Keti setelah pada babak keempat ditahan remis pecatur muda Indonesia WFM Fisabilillah Ummi.

"Tidak apa-apa. Tadi Chelsie juga rapat mainnya. Hasil remis hari ini cukup bagus bagi saya dan juga bagi dia," kata Keti.

Dengan hasil remis tersebut, Keti tetap memimpin klasemen sementara dengan poin empat. Ia pun mengaku tetap optimistis untuk mempertahankan turnamen catur tahunan ini. Tahun lalu, Keti menjadi juara pada turnamen yang diselenggarakan di Solo.
Baca juga: Susanto Megaranto kembali remis dengan juniornya
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024