Pengumpulan poin pada kategori GM masih ketat

id catur Japfa,Susanto megaranto,babak kedelapan

Suasana pertandingan babak kedelapan, Selasa (Yovie Insan Nugraha/PB Percasi)

Yogyakarta (ANTARA) - Hingga babak kedelapan turnamen catur Japfa internasional 2019 di Yogyakarta, Selasa, perolehan poin di papan atas kategori Grand Master (GM) masih ketat sehingga juara turnamen ini masih sangat sulit diprediksi.

Pecatur Kazakhstan GM Rustam Khusnutdinov sementara masih menduduki puncak singgasana, meskipun pada babak kedelapan ditahan remis IM Das Arghyadip dari India dalam pertandingan yang berlangsung hanya 16 langkah dan memainkan pertahanan Belanda.

Hasil remis membuat Rustam menambah poin menjadi 5,5 atau hanya berselisih 0,5 poin dari tiga pecatur di bawahnya, yaitu GM Megaranto Susanto, IM Priasmoro Novendra, dan GM Dimitry Kokarev.

Pecatur muda Indonesia, Novendra, menyodok ke posisi tiga usai menang perang saudara melawan FM Setyaki Azarya Jodi pada langkah ke-52 pertahanan Spanyol. Dengan demikian tuan rumah memiliki dua pemain yang berpeluang menjadi juara turnamen ini, yakni Novendra dan Susanto.

Susanto sendiri, pada babak kedelapan bermain remis dengan pecatgur India IM Ravi Teja S dalam 27 langkah pertahanan Slavia. Ini menjadi remis keenam bagi Susanto.

Kokarev yang di babak tujuh ditumbangkan Susanto, pada babak kedelapan bangkit dan membuka harapan kembali untuk menjadi juara usai mengalahkan WGM Aulia Medina Warda dalam 21 langkah permainan yang memainkan Pembukaan Prancis.

Berikut hasil pertandingan babak ke-8
Kategori GM:
1. IM Priasmoro Novendra 1-0 FM Setyaki Azarya Jodi
2. IM Cuhendi Sean Winshand 1/2-1/2 IM Taher Yoseph Theolifus
3. GM Kokarev Dmitry 1-0 WGM Aulia Medina Warda
4. IM Ravi Teja S. 1/2-1/2 GM Megaranto Susanto
5. IM Raghunandan Kaumandur Srihari 1/2-1/2 GM Sokolov Ivan
6. IM Das Arghyadip 1/2=1/2 GM Khusnutdinov Rustam

Baca juga: Ummi Fisabilliah selangkah lagi meraih norma WIM kedua
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar