Terus diperkuat, persahabatan RI-Inggris

id 70 tahun Indonesia Inggris,Indonesia Inggris,menlu retno marsudi

Terus diperkuat, persahabatan RI-Inggris

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt di London, Selasa (18/6/2019). (Kemlu RI)

Jakarta (ANTARA) -

Persahabatan Indonesia dan Inggris yang telah terjalin selama 70 tahun akan terus diperkuat dengan perluasan berbagai bidang kerja sama.

Dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di London, Selasa (18/6), Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt menegaskan bahwa “Indonesia adalah teman baik Inggris”.

Melalui keterangan tertulisnya, Rabu, Menlu Retno menyampaikan bahwa peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara hendaknya dijadikan momentum bagi peningkatan kerjasama, terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Beberapa kerja sama juga dibahas juga dibahas oleh kedua menlu, termasuk kerja sama bidang pendidikan.

"Dalam lima tahun ke depan, pengembangan sumber daya manusia akan menjadi fokus pembangunan Indonesia,” kata Menlu Retno.

Dengan demikian, Indonesia akan terus mengembangkan kerja sama pendidikan dengan Inggris.

Pasca-Brexit, Inggris berkomitmen untuk lebih meningkatkan hubungan dengan Indonesia dalam bidang ekonomi.

Kedua menlu juga menyampaikan komitmen kerja sama untuk menjadi bagian dari solusi mendorong penyelesaian sejumlah isu internasional, khususnya selama Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB.

Selain itu, Indonesia mengharapkan dukungan Inggris bagi pencalonannya di Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk periode 2020-2022.

Menlu Hunt juga menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: Menlu RI memmpin sidang terbuka DK PBB soal pemeliharaan perdamaian

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024