Bus tujuan YIA mulai bisa diakses dari Terminal Giwangan

id bus, Terminal Giwangan,YIA,Damri

Layanan bus menuju dan dari Yogyakarta International Airport (YIA) dapat diakses melalui Terminal Giwangan Yogyakarta (Terminal Giwangan)

Yogyakarta (ANTARA) - Layanan bus Damri menuju dan dari Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport mulai bisa diakses melalui Terminal Giwangan Yogyakarta sehingga akan menjadi salah satu alternatif yang dimiliki masyarakat menuju ke bandara baru.

“Layanan bus ini sudah bisa diakses sejak Senin (17/6). Layanan bus ini terus diperkenalkan dan diharapkan kualitas layanan akan semakin baik,” kata Pengelola Administrasi Perkantoran Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Aji Fajar di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Aji, operasional layanan bus ke dan dari Yogyakarta International Airport (YIA)-Terminal Giwangan sepenuhnya dilakukan oleh Damri.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan tersebut dapat mengakses bus dari jalur keberangkatan bus perkotaan dengan tarif perjalanan Rp50.000 per penumpang.

“Perjalanan dari Terminal Giwangan menuju YIA membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam,” katanya.

Hingga saat ini, bus yang dioperasionalkan untuk mendukung layanan bus bandara dari Terminal Giwangan baru berjumlah satu unit, dengan kapasitas 28 penumpang. “Saat ini baru tahap perkenalan saja, sehingga jumlah bus pun masih bisa bertambah sesuai dengan penerbangan di YIA,” katanya.

Dalam operasional selama tiga hari terakhir, Aji mengatakan, belum ada penumpang yang memanfaatkan layanan bus dari atau menuju bandara baru yang berada di Kabupaten Kulon Progo tersebut.

“Sejauh pemantauan kami di terminal, belum ada penumpang yang naik atau turun dari bus,” katanya.

Keberangkatan bus bandara dari Terminal Giwangan Yogyakarta menuju YIA dijadwalkan sebanyak enam kali per hari yaitu pukul 06.00 WIB, 07.00 WIB, 10.00 WIB, 11.00 WIB, 14.00 WIB, dan 15.00 WIB. Sedangkan dari YIA ke Giwangan dijadwalkan pada pukul 09.50 WIB, 12.30 WIB, 13.30 WIB, 14.10 WIB, 18.00 WIB, dan 18.50 WIB.

Baca juga: KAI memberi tarif promo KA Bandara Yogyakarta

Selain ke Terminal Giwangan Yogyakarta, angkutan bus bandara dari YIA juga melayani rute menuju Magelang dengan tarif Rp50.000, Kebumen melalui Purworejo dengan tarif masing-masing Rp50.000 dan Rp30.000 serta ke Stasiun Wojo dengan tarif Rp15.000 per penumpang.

Selain menggunakan bus sebagai transportasi massal, masyarakat yang hendak menuju YIA juga bisa memanfaatkan moda kereta bandara dari Stasiun Maguwo hingga ke Stasiun Wojo. Penumpang kereta kemudian beralih menggunakan bus dari Stasiun Wojo untuk menuju YIA.

Baca juga: Kemenhub integrasikan angkutan darat Bandara YIA untuk kenyamanan transportasi

 

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar