Giampolo tunjuk pelatih minim pengalaman

id ac milan,marco giampaolo,liga italia,liga europa

Marco Giampaolo saat masih menjadi pelatih Sampdoria dan mendampingi timnya menghadapi Juventus dalam laga lanjutan Liga Italia Serie A di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu (19/3/2017). (ANTARA/AFP/Juan Medina)

Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Italia AC Milan resmi mengumumkan penunjukan bekas pelatih kepala Sampdoria, Marco Giampaolo, sebagai arsitek mereka mulai musim 2019/2020.

Laman resmi Milan pada Kamis dini hari WIB menyebutkan Giampaolo akan mulai bertugas di Milanello pada 1 Juli 2019 dengan kontrak berdurasi dua musim yang disertai klausul tambahan satu tahun.

Penunjukkan Giampaolo melanjutkan tren konsistensi Milan mempekerjakan pelatih yang tak berpengalaman menjadi juara di klub-klub sebelumnya yang ditangani.

Giampaolo jadi pelatih kesembilan yang diberi pekerjaan melatih Milan tanpa pernah menjadi juara.

Terakhir kali langkah itu berbuah gelar adalah pada 2010/2011, saat Milan menunjuk Max Allegri dan ia langsung membawa Rossoneri menjuarai Liga Italia Serie A pada musim perdananya di San Siro.

Giampaolo tiba di San Siro berbekal catatan kariernya menjadi pelatih sejak 2004 bersama sembilan tim. Selama kariernya ia telah mendampingi tim-timnya dalam 324 pertandingan, yang 270 di antaranya di level Serie A.

Di Sampdoria, ia bertahan selama tiga musim. Giampaolo mengantarkan Sampdoria finis di urutan kesembilan Serie A 2018/2019 dengan koleksi 53 poin, sedangkan di Piala Italia langkah timnya justru dihentikan oleh Milan pada babak 16 besar.

Musim 2018/2019 Milan berakhir di urutan kelima klasemen dan hanya meraih satu tiket ke Liga Europa, meski belum tentu tampil di kompetisi tersebut karena berkaitan dengan hukuman pelanggaran aturan finansial UEFA (FFP).

Giampaolo jadi pelatih baru klub Liga Italia Serie A jelang musim 2019/2020 setelah Antonio Conte ditunjuk Inter Milan, Paulo Fonseca (AS Roma), Aurelio Andreazzoli (Genoa), Ivan Juric (Verona) dan Maurizio Sarri (Juventus).

Baca juga: Mourinho gandrungi latih timnas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar