Tim SAR lanjutkan pencarian wisatawan tenggelam di Pantai Baru Bantul

id Pencarian korban tenggelam,sar Yogyakarta

Tim SAR lanjutkan pencarian wisatawan tenggelam di Pantai Baru Bantul

Personel Tim SAR Gabungan menyisir tepi pantai dalam pencarian korban tenggelam di pantai selatan (Foto Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Tim pencarian dan pertolongan gabungan melanjutkan pencarian terhadap seorang wisatawan yang masih hilang karena terseret arus ombak di wilayah Pantai Baru Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta beberapa waktu lalu.

"Pencarian terhadap korban kecelakaan laut di Pantai Baru Bantul dilanjutkan hari ini (Minggu, 23/6)," kata Humas Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Yogyakarta Pipit Eriyanto dalam pesan singkatnya di Yogyakarta, Minggu.

Korban tenggelam di Pantai Baru Bantul pada Kamis (20/6) yang masih hilang dan belum ditemukan hingga Minggu adalah Feryanto (37), yang  merupakan wisatawan asal Sukoharjo Jawa Tengah yang saat kejadian berwisata bersama rombongan keluarga.

Sebelumnya dilaporkan dua wisatawan tenggelam, yakni selain Feryanto, juga putrinya yang bernama Fajrina Dwi Saputri (7) dan telah ditemukan dalam keadaan meninggal di barat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Trisik Kulon Progo pada Sabtu (22/6) pukul 08.20 WIB.

Pipit mengatakan, pencarian terhadap korban kecelakaan laut terus diupayakan Tim SAR gabungan yang terdiri Basarnas Yogyakarta, Pos AL Samas, DitPolair Polda DIY, SAR Satlinmas Wilayah 4 dan 3, BPBD Bantul, PMI Bantul dan potensi SAR lainnya.

"Dan pencarian dilakukan sampai tujuh hari sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan," katanya.

Pipit menjelaskan, tim yang dterjunkan dalam pencarian terhadap korban kecelakaan laut pada Minggu ini dibagi menjadi tiga SRU (search and rescue unit) sesuai dengan wilayah jangkauan masing-masing.

"SRU 1 ke barat dan 'stay' di sowangan, pencarian menggunakan drone. Kemudian SRU 2 pencarian penyisiran ke timur kurang lebih satu kilometer dari TKP, dan
SRU 3 melakukan pemantauan di sekitar lokasi musibah," katanya.

Baca juga: Satu korban tenggelam di Pantai Baru ditemukan meninggal