Sumberdaya manusia UNY diminta meningkatkan kualifikasi

id uny,fe uny,rektor uny

Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Margana pada upacara Dies Natalis ke-8 FE UNY (foto istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Margana menegaskan universitas terus berupaya memberikan kualitas yang terbaik sehingga sumberdaya manusia UNY harus meningkatkan kualifikasinya. 

"Dosen CPNS yang baru diharapkan segera menempuh pendidikan S3. Dengan demikian, ke depan diharapkan nolisasi dosen yang masih S2 terwujud," kata Margana di Fakultas Ekonomi (FE) UNY Yogyakarta, Selasa.

Pada upacara Dies Natalis ke-8 FE UNY, Margana mengatakan posisi UNY sudah di kluster 1 pemeringkatan Kemenristekdikti, ada di peringkat 11 dari 4.000 lebih perguruan tinggi di Indonesia.

"Selain itu, Program Studi di FE UNY terutama Manajemen dan Akuntansi selalu menjadi favorit calon mahasiswa baru setiap tahun," katanya.

Terkait dengan syawalan, Margana mengajak sivitas akademika UNY untuk meresapi makna syawalan. Sejalan dengan tema dies, syawalan secara bahasa berarti peningkatan.

"Untuk meningkatkan keunggulan, setiap orang dituntut meningkatkan ukhuwah, baik itu ukhuwah Islamiyah (persaudaraan keislaman) maupun ukhuwah wathoniyah (persaudaraan kebangsaan)," katanya.

Baca juga: Rektor UNY : pendidikan penting untuk membangun peradaban bangsa

Sementara itu, dosen FE UNY Ani Widayati MPd, EdD dalam orasi ilmiah bertema "Menjadi Pendidik yang Adaptif Transformatif untuk Menjawab Tantangan Era Pendidikan 4.0" mengatakan revolusi industri 4.0 mengakibatkan perubahan besar-besaran di semua lini.

"Perubahan itu termasuk di dunia pendidikan, yang menyambut revolusi industri 4.0 dengan revolusi pendidikan 4.0," kata dosen Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY yang baru saja menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Australia.

Menurut dia, sama halnya dengan revolusi yang terjadi di sektor industri, pada era pendidikan 4.0, dosen yang tidak mau berkompromi dengan teknologi akan terpinggirkan.

"Menjadi adaptif transformatif adalah suatu keharusan bagi kita untuk dapat mengikuti perubahan dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak milenial," katanya.

Dies Natalis ke-8 FE UNY bertema "Membangun Keunggulan Fakultas Ekonomi UNY di Era Revolusi Industri 4.0" itu dihadiri sekitar 200 peserta terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, pimpinan UNY, alumni, dan rekanan.

Baca juga: Revolusi Industri 4.0 menuntut ketersediaan informasi cepat-tepat
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar