Marquez raih gelar kesepuluh di Jerman

id motogp,gp jerman,marc marquez juara gp jerman

Marquez raih gelar kesepuluh di Jerman

Marc Marquez (Repsol Honda) ketika babak kualifikasi GP Jerman, Sirkuit Sachsenring, Sabtu (6/7/2019) Reuters/Annegret Hilse

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez  tampil sebagai juara GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu, sekaligus membukukan rekor kemenangannya untuk sepuluh kali berturut-turut di sirkuit tersebut.

Pebalap asal Spanyol itu tak mendapatkan perlawanan berarti untuk menyentuh garis finis pertama 4,587 detik di depan rival terdekatnya Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP), demikian laman resmi MotoGP.

Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol), yang start dari P6 melengkapi podium GP Jerman pada peringkat tiga.

Hasil itu adalah kemenangan kali kesepuluh berturut-turut Marquez di Sachsenring dalam semua kelas, tujuh di antaranya diraih pada kelas premier. Rekor sempurna yang juga diraihnya lewat sepuluh kali start dari pole position di sana.

Marquez juga menyamai rekor kemenangan pada satu sirkuit yang dipegang Valentino Rossi di Sirkuit Mugello dengan tujuh kemenangan dalam kelas premier.

Sementara itu Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang mengincar podium ketiganya musim ini terjatuh di Tikungan 3 ketika balapan baru berjalan dua putaran.

Pebalap asal Prancis itu start dari P2 namun melorot hingga ke P7 pada awal lap kedua sebelum terjatuh.

Pada awal lomba Alex Rins (Suzuki Ecstar) menjadi penantang utama Marquez setelah melewati Viñales untuk posisi dua. Namun Marquez terlalu dominan dengan memperlebar jarak hingga tiga detik dari rival terdekatnya pada separuh balapan sepanjang 30 putaran itu.

Harapan Rins sirna ketika dia terjatuh di Tikungan 11 saat balapan menyisakan 11 putaran. Ini kali kedua beruntun, setelah Assen, pebalap asal Spanyol itu terjatuh dan gagal finis.

Marquez pun melenggang tanpa perlawanan untuk merebut kemenangan kelimanya musim ini.

Andrea Dovizioso (Ducati Team) menjadi pebalap Ducati tercepat dengan finis P4 mengamankan poin berharga untuk menjaga jarak di klasemen.

Di sepanjang lomba, Dovi dibayang-bayangi secara ketat oleh dua pebalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci, rekan satu tim, yang finis di P5 dan Jack Miller (Pramac Racing) pada peringkat tujuh.

Sementara itu Valentino Rossi (Monsters Energy Yamaha MotoGP) tak berkutik di belakang pebalap rookie Joan Mir (Suzuki Ecstar) untuk finis P8.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) finis P9, sedangkan Stefan Bradl yang menggantikan Jorge Lorenzo (Repsol Honda) yang cedera finis pada peringkat 10 besar.

Dengan hasil itu Marquez semakin kokoh di puncak klasemen dengan 185 poin diikuti Dovizioso pada peringkat dua dengan 127 poin hingga balapan kesembilan dari total 19 balapan musim ini.

Danilo Petrucci menguntit pada peringkat tiga dengan 121 poin, diikuti Rins pada peringkat empat dengan 101 poin.

Viñales menjadi pebalap Yamaha dengan poin terbanyak menempati peringkat lima dengan 85 poin, unggul lima poin dari Rossi pada peringkat enam.

Jack Miller memimpin klasemen pebalap tim independen dengan 70 poin, unggul tiga poin dari Quartararo dan Cal Crutchlow.

Setelah libur musim panas, balapan seri kesepuluh MotoGP akan dilanjutkan di Sirkuit Brno, Republik Ceko pada 4 Augustus.
Baca juga: Ini dia statistik GP Jerman
 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024