Yogyakarta mengajukan usulan 1.500 formasi CPNS dan P3K

id CPNS, P3K,formasi

Ilustrasi - CPNS (FOTO ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta mengajukan usulan sebanyak 1.500 formasi untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja pada 2019 dan menjadi usulan formasi terbanyak di DIY.

“Usulan tersebut sudah kami sampaikan ke pusat melalui sistem atau melalui aplikasi,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Yogyakarta Kris Sardjono Sutedjo di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, usulan formasi tersebut kemudian akan diproses oleh pemerintah pusat untuk menentukan alokasi formasi yang ditetapkan untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) pada tahun ini.

Biasanya, lanjut dia, jumlah formasi yang dikabulkan oleh pemerintah pusat lebih sedikit dari usulan yang disampaikan. “Ada pemotongan formasi dalam jumlah banyak,” katanya.

Meskipun demikian, Kris tetap berharap jumlah formasi yang diberikan untuk tahun ini lebih banyak dibanding alokasi tahun lalu penerimaan CPNS dan P3K sebelumnya yaitu 356 formasi CPNS dan sebanyak 105 pegawai honorer eks K2 memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai P3K tahap pertama.

Pada tahun ini, Kris menyebut kebutuhan CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta lebih banyak untuk tenaga non guru. “Mudah-mudahan saja alokasi formasi CPNS dan P3K yang diberikan dari pusat juga sesuai dengan kebutuhan di Kota Yogyakarta,” katanya.

Sebelumnya Badan Kepegawaian Negara menyebutkan menyiapkan 254.173 formasi untuk CPNS dan P3K, baik di instansi daerah maupun pusat. CPNS akan diutamakan untuk formasi guru dan tenaga medis.

Jumlah formasi CPNS dan P3K untuk alokasi daerah mencapai 207.748 pegawai yang terdiri dari 62.329 CPNS dari jalur pelamar umum dan sekolah kedinasan, serta 145.424 formasi P3K yang akan disii oleh eks tenaga honorer K2 dan honorer.

Rekrutmen CPNS untuk formasi pelamar umum direncanakan dimulai pada Oktober sedangkan P3K akan digelar lebih awal yaitu Agustus.

Seluruh proses penerimaan CPNS dan P3K tahun ini dilakukan secara online, mulai dari pendaftaran, pemberkasan hingga pengumuman kelulusan.

Baca juga: Pengumuman seleksi P3K Yogyakarta pertengahan Maret
 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar