Pemkab Bantul mengirim tiga pokdarwis ke lomba tingkat nasional

id Dispar Bantul,Pokdarwis

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo usai menerima tim penilai lomba Pokdarwis Tingkat Nasional. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengirimkan tiga kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk maju lomba tingkat nasional.

"Ini adalah kegiatan evaluasi atau penilaian lomba pokdarwis tingkat nasional, Bantul mengirimkan tiga pokdarwis untuk maju tingkat nasional," kata Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Rabu.

Tiga pokdarwis yang maju tingkat nasional itu adalah Desa Wisata Mangir, Desa Wisata Mangunan, dan Desa Wisata Munthuk. Pada Rabu, tim penilai dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengunjungi Pokdarwis Mangir.

Ia mengatakan, tiga pokdarwis itu maju mewakili Bantul karena berdasarkan hasil evaluasi internal merupakan tiga besar, bahkan Pokdarwis Mangir berpotensi dikompetisikan dalam 21 besar.

"Jadi, dari seluruh Indonesia diambil 21 besar kita masuk 21 besar, dan di DIY hanya ada dua pokdarwis, Bantul dengan Sleman yang di Tebing Breksi, mudah-mudahan DIY dua-duanya masuk 10 besar, syukur bisa juara nasional," katanya.

Kwintarto melanjutkan, hampir setiap tahun salah satu Pokdarwis di Bantul yang diikutkan lomba tingkat nasional masuk 10 besar, bahkan hampir meraih juara pertama.

"Jadi insya Allah mudah-mudahan Bantul oleh tim juri termasuk pokdarwis cukup prospektif, meski persoalan kemungkinan masih ada satu--dua kekurangan atas rekomendasi itu dan mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti," katanya.

Dia mengatakan, di Desa Wisata Mangir ini memiliki potensi di bidang seni dan budaya, selain itu ada potensi yang sudah digarap dan mulai diapresiasi tim penilai dari Kemenpar yaitu wisata berbasis sungai.

"Tadi digambarkan bahwa di Mangir ini punya potensi dari sungai, sehingga kalau pemanfaatan aspek sungai itu tidak optimal sangat disayangkan, namun tadi disebutkan ada perencanaan terkait kegiatan di sungai," katanya.

Beberapa kegiatan itu di antaranya seperti mancing wisata dan perahu wisata dengan mengoptimalkan potensi sungai.

"Itu sudah disiapkan, mudah-mudahan dengan upaya itu tim pusat bisa memahani bahwa pokdarwis ini layak juara," katanya.
Baca juga: Dispar sebut pokdarwis tumbuh dan berkembang pesat di DIY
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar