Jepang-Korsel gagal mencapai kemajuan atasi perselisihan

id Jepang dan Korsel,Pembatasan ekspor

Jepang-Korsel gagal mencapai kemajuan atasi perselisihan

Presiden Korsel Moon Jae-in dan istri Kim Jung-sook tiba di Osaka, Jepang, Kamis (27/6/2019) untuk mengikuti KTT G20. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan berlangsung pada 28-29 Juni 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Silva/pras.

Seoul (ANTARA) - Pertikaian antara Jepang dan Korea Selatan meningkat pada Sabtu, dengan laporan-laporan yang saling bertolak belakang tentang rapat yang berlangsung dingin sehari sebelumnya.

Kedua negara juga disebutkan gagal  mencapai kemajuan dalam mengatasi perselisihan yang dapat mengancam pasokan mikrochip dan telepon pintar.

Tokyo mengeluarkan protes kepada Seoul, dengan menyatakan tetangganya itu telah melanggar perjanjian mengenai apa yang kedua pihak akan ungkap dalam perundingan pada Jumat mengenai pembatasan ekspor beberapa bahan oleh Jepang ke Korea. Bahan-bahan itu digunakan untuk membuat peralatan teknologi tinggi, kata pejabat di Kementerian Perdagangan Jepang Jun Iwamatsu.

Kementerian Industri, Perdagangan dan Ekonomi (METI) Jepang juga membantah pernyataan pejabat Korea bahwa Seoul telah meminta Jepang pada Jumat agar mencabut pembatasan tersebut.

Tetapi seorang pejabat Kementerian Perdagangan Korea membalas bahwa Seoul telah "jelas menuntut Jepang mencabut pembatasan perdagangannya di rapat kemarin, dan tak ada lagi ketaksepakatan mengenai soal itu dengan Jepang."

Ia mengatakan kepada Reuters, kedua pihak sudah membahas apa yang mereka akan ungkapkan tetapi tidak ada perjanjian.

"Saya frustrasi," ujar seorang pejabat Korea, yang menolak namanya disebutkan karena alasan masalah itu sensitif.

Jepang baru-baru ini memperketat pembatasan ekspor tiga bahan yang digunakan dalam peralatan teknologi tinggi, dengan alasan "manajemen tak memadai" dari bahan-bahan sensitif yang diekspor ke Korea Selatan, dan juga ketiadaan konsultasi mengenai kendali ekspor.
Baca juga: Di KTT G20, Putin dan Trump bertemu


 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024