KPU Bantul menetapkan anggota DPRD terpilih pada hari terakhir

id KPU Bantul,penetapan anggota terpilih

KPU Bantul menetapkan anggota DPRD terpilih pada hari terakhir

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengadakan rapat pleno penetapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terpilih pada Senin (22/7) atau hari terakhir usai surat dari KPU RI diterima lembaganya.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Sabtu, mengatakan surat keputusan dari KPU RI tentang penetapan anggota legislatif terpilih dan alokasi kursi hasil Pemilu 2019 tertanggal 17 Juli sudah diterima beberapa hari lalu.

"Terhitung paling lama lima hari kemudian kita harus menetapkan kursi maupun menetapkan calon, nah kita mengambil hari terakhir, jadi kalau dihitung dari tanggal 17 Juli maka hari terakhir penetapan kita laksanakan di 22 Juli," katanya.

Menurut dia, batas waktu penetapan anggota DPRD terpilih dan perolehan kursi lembaga legislatif tingkat kabupaten maksimal lima hari usai SK diterima itu sudah disampaikan ke perwakilan parpol dalam rapat pleno penundaan penetapan beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, penetapan anggota DPRD dan perolehan kursi dilaksanakan di hari terakhir agar secara administratif telah siap, mengingat pasca menerima surat dari KPU RI, pihaknya mempersiapkan kelengkapan berkas.

"Karena setelah itu kami harus kemudian mengusulkan calon terpilih, sehingga kami mempersiapkan administrasi secara baik, berkas-berkas pencalonan, sehingga pada saat ditetapkan dan pasca pengusulan calon terpilih itu sudah tidak ada kendala," katanya.

Apalagi dia juga mengatakan, teman-teman di jajaran Sekretariat DPRD Bantul maupun Tata Pemerintahan di Bantul yang akan memproses persiapan penetapan anggota DPRD terpilih ke Gubernur DIY maupun Bupati Bantul.

Dalam penetapan anggota DPRD terpilih yang akan digelar di salah satu hotel di Yogyakarta pada Senin (22/7), KPU Bantul mengundang pejabat di lingkungan Pemkab Bantul dan perwakilan semua parpol serta ormas dan pihak terkait.
Baca juga: Penetapan calon terpilih anggota DPRD Yogyakarta dijadwalkan Senin