Gamelan Jawa jadi primadona di Warsawa Street Festival

id Gamelan,gamelan jawa, warsawa, polandia,Warsawa Street Festival, kbri warsawa

Gamelan Jawa jadi primadona di Warsawa Street Festival

Ilustrasi - Gamelan. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Secara fasih Marzanna Popławska juga mempertunjukkan kebolehannya sebagai sinden dengan membawakan tembang-tembang Jawa dengan diiringi permainan gamelan. Marzana adalah alumni Program Darmasiswa dari ISI Yogyakarta pada 2005.

London (ANTARA) - Gamelan Jawa yang ditampilkan Group Gamelan Warsawa pada acara Warsawa Street Festival tahunan mendapatkan perhatian luar biasa dari pengunjung festival yang berlangsung di sepanjang Jalan Krakowskie Przedmiecie (sepanjang 2 km) di Ibu Kota Polandia.

Beberapa kelompok seni dan masyarakat yang tampil pada festival yang berlangsung sehari penuh ini, antara lain: Warsawa Gamelan Group, Zuzanna Kann, the Siren Society, group tarian India, Group Flamengo, Kuba, Salsa, Afrika, Viet Nam, Turki, Afghanistan, Mesir, Kurdi, Meksiko, India, Armenia, Azerbaizan dan beberapa sekolah seni yang ada di Polandia.

Pensosbud KBRI Warsawa, Diyah Ramadani Agustini di London, Senin (22/7) menyebutka Group Gamelan Jawa, selain tampil di panggung utama juga di paviliun Indonesia. Beberapa permainan gamelan ditampilkan adalah Gending Kebo Giro, Wilujeng, Srepegan, Jagung-Jagung, Sang Penebus, Uga-Uga, Wilujeng Mlampah, dan Arjuna Mangsah.

Bahkan secara fasih Marzanna Popawska juga mempertunjukkan kebolehannya sebagai sinden dengan membawakan tembang-tembang Jawa dengan diiringi permainan gamelan. Marzana adalah alumni Program Darmasiswa dari ISI Yogyakarta pada 2005.

Paviliun Indonesia pada Warsawa Street Festival 2019, selain menampilkan permainan gamelan jawa juga mempersembahkan berbagai kegiatan promosi, antara lain kuliner, informasi pariwisata, kerajinan tangan khas Indonesia dan pakaian adat daerah.

Kepala Kanselerai KBRI Warsawa Taufiq Lamsuhur mengatakan alumni Darmasiswa dan BSBI Indonesia di Polandia terbesar di dunia, mencapai sekitar 450 orang. Mereka bergabung dalam perhimpunan "Sahabat" dan aktif dalam kegiatan promosi Indonesia.
Baca juga: KBRi Warsawa perkenalkan seni budaya Indonesia di Festival Saska Kepa

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar