Bupati Sleman membuka pemusatan latihan Paskibraka 2019

id Bupati Sleman,Pelatihan paskibraka sleman,Sleman

Bupati Sleman Sri Purnomo menyematkan tanda peserta kepada siswa yang mengikuti Pemusatan Pelatihan Paskibraka 2019 Kabupaten Sleman. (Foto: Dok.)

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Sri Purnomo membuka secara langsung Pemusatan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sleman Tahun 2019 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu.

Pembukaan pelatihan ditandai dengan penyematan secara simbolis kartu tanda peserta Paskibraka oleh Bupati Sleman kepada peserta pelatihan Paskibraka.

Sri Purnomo mengatakan bahwa Paskibraka merupakan orang-orang pilihan terbaik yang diseleksi melalui berbagai tahapan.

'Namun, Paskibraka memiliki tanggung jawab dalam tugasnya mengibarkan duplikat bendera Pusaka dalam Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2019," katanya.

Menurut dia, banyak manfaat yang diperoleh anggota Paskibraka, di antaranya menjadi lebih disiplin, tepat waktu, fokus pada apa yang dikerjakan, percaya diri meningkat, kompak, dan memupuk jiwa korsa, serta cinta tanah air.

"Saya berharap anggota Paskibraka yang terpilih tetap rendah hati dan mampu memotivasi pelajar lainnya. Selain itu, kegiatan pelatihan ini juga saya harapkan dapat menjadi bekal estafet kepemimpinan ke depan," katanya.

Plh. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman Ery Widaryana mengatakan bahwa peserta pelatihan terdiri atas dua kelompok.

Kelompok pertama, yaitu Pasukan 17 dan 8 yang terdiri atas peserta Paskibraka SMA/SMK/MK terpilih pada tahun 2019.

"Paskibraka Kabupaten Sleman terpilih pada tahun ini sebanyak 36 orang terdiri atas 18 putra dan 18 putri," katanya.

Pasukan kedua atau kelompok Pasukan 45 terdiri atas anggota Polres Sleman, Kodim 0732 Sleman, Yonif 403 Yogyakarta, Brimob Polda DIY, Lanud Adisucipto berjumlah 40 orang dengan dua orang pengawal dari Denpom Yogyakarta.

Edy mengatakan, pemusatan latihan dimulai dari 25 Juli 2019 sampai dengan 2 Agustus 2019 khusus Paskibraka dari unsur pelajar.

Latihan gabungan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus sampai dengan selesainya pelaksanaan kegiatan.

"Peserta dikarantina di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta (BBLM) mulai 4 Agustus sampai dengan 19 Agustus 2019. Untuk tempat latihan direncanakan di halaman Dispora Kabupaten Sleman, Stadion Tridadi dan Lapangan Denggung," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar