Bupati Sleman meninjau trase pembangunan jalan lintas kabupaten

id Bupati Sleman,Jalan lintas kabupaten,Sleman

Bupati Sleman Sri Purnomo meninjau trase jalan lintas kabupaten di wilayah Kecamatan Prambanan, Sleman. (Foto Istimewa)

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo meninjau trase pembangunan jalan lintas Kabupaten Prambanan - Lemahbang yang menghubungkan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunungkidul dengan status jalan provinsi, Jumat.

Bupati Sleman dalam kesempatan tersebut menyatakan mendukung pembangunan jalan lintas kabupaten tersebut.

"Pembangunan lintas kabupaten dapat mempercepat laju pembangunan dengan kemudahan akses," katanya.

Selain untuk mengurangi kepadatan lalu lintas Jalan Patuk - Piyungan. Jalan tersebut juga menghubungkan kawasan strategis wisata Prambanan dan wisata kawasan Karst Gunungkidul. Total panjang jalan yang dibangun yakni 9,1 kilometer dan lebar jalan 15 meter dengan badan jalan 7,5 meter.

Bupati Sleman meninjau beberapa titik rute pembangunan yakni, titik awal di pertigaan gudang Telkom (Padukuhan Marangan, Desa Bokoharjo), perempatan barat Masjid MBS (lokasi di mana rencana jalan mulai dibuat jalur baru/bukan jalan eksisting).

Kemudian Padukuhan Marangan, Desa Bokoharjo, Padukuhan Gunung Sari, Desa Sambirejo, Situs Watu Kandang, Padukuhan Gunung Sari, Desa Sambirejo, Masjid Saad Bin Waqash, Padukuhan Gayam, Desa Gayamharjo, dan titik akhir, pertigaan Lemah Bang sebelum jembatan Sembada-Handayani, Padukuhan Lemah Bang, Desa Gayamharjo.

Menurut dia, saat ini proyek pelaksanaan masih didiskusikan dengan Pemerintah Provinsi DIY dan hingga saat ini masih dalam tahap perencanaan.

"Saat ini kami sedang meninjau di lapangan melihat kondisi dan berdiskusi dengan kepala daerah setempat, nanti akan dikoordinasikan dengan PU Provinsi dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta untuk terkait rute tersebut, kewenangan ada di Provinsi DIY," katanya.

Ia berharap pembangunan jalan tersebut memberikan efek kesejahteraan khususnya ekonomi bagi warga Sleman, terlebih pintu masuk jalan tersebut berada dekat dengan objek wisata di Sleman.

"Seperti Tebing Breksi, dan beberapa candi yang ada disini, Candi Banyunibo, dapat meningkatkan kunjungan wisata dengan mudahnya akses," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar