SMN 2019 - 91 siswa di DIY ikut seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2019 (VIDEO)

id Seleksi SMN,BUMN Hadir,siswa yogyakarta

SMN 2019 - 91 siswa di DIY ikut seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2019 (VIDEO)

Sebanyak 91 siswa SMA dan SMK dari lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti seleksi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 di Ruang Sasana Cipta, Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Yogyakarta, Senin. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 91 siswa SMA dan SMK dari lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti seleksi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 yang merupakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019.

Kegiatan seleksi peserta SMN 2019 asal DIY digelar di Ruang Sasana Cipta, Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Yogyakarta, Senin.

Kegiatan SMN 2019 di DIY digelar oleh lima BUMN yakni PT PP (Persero) Tbk selaku PIC (Person In Charge) atau penanggung jawab, bersama PT TWC (Persero), PT Bahana (Persero), PT KBI (Persero) dan PT Primissima (Persero) sebagai Co-PIC.

"Program ini sudah ada sejak 2015. Untuk tahun ini kami akan memilih 20 siswa SMA/SMK sebagai peserta SMN 2019," kata Ketua PKBL PT PP (Persero) Panji Decca Dunianto.

Menurut Panji, sebanyak 20 siswa-siswi yang nantinya dinyatakan lolos seleksi akan dikirim ke Provinsi Riau pada 13 Agustus 2019 bersama 3 siswa berkebutuhan khusus dari SLB di DIY untuk mengenal dan belajar tentang kekayaan seni dan budaya di daerah itu.

"Anak-anak ini nantinya kami harapkan dapat mengenalkan Yogyakarta secara luas baik dari sisi budaya, pendidikan, maupun pariwisata serta bisa mengenali dan mempelajari budaya di Riau," kata Panji.
 
Bagi PT PP (Persero) maupun empat BUMN penyelenggara lainnya, Panji mengatakan program SMN 2019 sangat penting sebagai sarana berkontribusi membuka wawasan siswa tentang kekayaan budaya Nusantara.

Sebelum berangkat ke Riau, seluruh peserta SMN 2019 akan mendapatkan pembekalan berbagai materi mulai dari pengetahuan tentang BUMN, hingga pengetahuan dunia jurnaslistik (tulis, foto, video, dan media sosial).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora DIY Isti Triasih mengatakan untuk bisa lolos sebagai peserta SMN, selain memiliki kemampuan akademik, 91 siswa yang hadir harus melalui seleksi wawancara yang meliputi motivasi, kemandirian, tata krama, serta minat dan bakat.
 
Siswa menunjukkan penguasaan seni tari tradisional Yogyakarta saat seleksi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 di Ruang Sasana Cipta, Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Yogyakarta, Senin. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)


"Peminat seleksi SMN ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Kami memang terus mendorong para kepala sekolah untuk mengirimkan siswanya ikut program ini," kata Isti.

Setelah melaksanakan seleksi dan memberangkatkan 23 siswa terpilih dari DIY ke Riau pada 13 Agustus, selanjutnya lima BUMN penyelenggara SMN di Yogyakarta akan menerima peserta dari Riau untuk mengikuti kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Yogyakarta pada 14 hingga 21 Agustus 2019.

Rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di DIY antara lain telah diawali dengan kegiatan Safari Ramadhan yang di dalamnya mencakup kegiatan Santuan Anak Yatim, serta pembagian Al-Quran.

Baca Juga: Disdikpora DIY berharap program SMN terus dilanjutkan

Hadir dalam seleksi SMN 2019 di DIY, Ketua PKBL PT PP (Persero) Panji Decca Dunianto (PIC), perwakilan PT KBI Karlina Legiani (Co-PIC), CSR Officer PT PP Evi Sulfiany, perwakilan PT Bahana I Gede Suhendra (Co-PIC),  Manager PKBL Bambang Sarwo Eddy (Co-PIC), serta perwakilan PT Primissima Ruswadi (Co-PIC).