Menhan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta (VIDEO)

id Menhan

Menhan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta (VIDEO)

Menhan Ryamizard Ryacudu saat berdoa di depan Makam Jenderal Sudirman di TMP Kusumanegara Kota Yogyakarta. (Foto: Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu bersama rombongan keluarga besar TNI berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Kota Yogyakarta untuk ziarah dan mendoakan para pahlawan bangsa yang telah gugur.

"Ke sini kami ziarah, berdoa untuk bapak kita siapa? Bapak TNI itu Jenderal Sudirman agar beliau di alam sana selalu sejahtera dan masuk surga," kata Menhan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta, Selasa.

Selain mendoakan Jenderal Besar Sudirman, kata Menhan, rombongan purnawirawan TNI juga mendoakan para pendiri bangsa, pendiri TNI, dan pahlawan bangsa.

Menurut Menhan, Jenderal Besar Sudirman memiliki jasa yang besar terhadap bangsa Indonesia sehingga generasi penerus maupun keluarga besar purnawirawan TNI harus selalu mengingat jasa-jasa dan meneruskan perjuangan bangsa.

"Kami juga mengingatkan kepada para purnawirawan agar kita semua, termasuk TNI, ingat pesan-pesan dari Panglima Besar Sudirman, banyak sekali pesan-pesannya, jadi maknanya adalah untuk mengingat kembali pesan-pesan dari Jenderal Besar Sudirman," katanya.
 

Menhan juga menegaskan bahwa kunjungan ke TMP Kusumanegara Yogyakarta hanya untuk ziarah. Oleh karena itu, dia enggan mengomentari pertanyaan wartawan tentang vonis kepada Kivlan Zein tentang dugaan kepemilikan senjata api.



"Enggak usah di sini, yang penting kami semua sepakat di sini untuk ziarah, berdoa kepada Tuhan bagi Jenderal Sudirman dan keluarganya agar mendapat rahmat. Insyaallah, masuk surga," kata Menhan Ryamizard.

Adapun dalam upacara ziarah rombongan di TMP Kusumanegara Yogyakarta itu, Menhan menjadi pimpinan ziarah. Setelah prosesi upacara penghormatan arwah selesai, berdoa dan tabur bunga di atas makam Jenderal Besar Sudirman.