Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta capai 70 persen

id BIY,Kulon Progo

Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta capai 70 persen

Project Manager BIY/YIA Taochid Purnomo Hadi. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta/Yogyakarta Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga akhir Juli mencapai 70 persen dari keseluruhan proyek.

Project Manager BIY/YIA, Taochid Purnomo Hadi di Kulon Progo, Kamis, mengatakan AP I bersama PT PP sedang menyelesaikan pembangunan terminal internasional dan domestik.

"Kami memang fokus pada penyelesaian terminal dan infrastruktur. Saat ini, sebagian besar bangunan terminal sudah dapat diselesaikan, tinggal penyelesaian akhir untuk interior dengan penambahan ornamen," kata Taochid.

Ia mengatakan, terminal yang dibangun di BIY/YIA memiliki luas 219.000 meter persegi yang terdiri dari ruang tunggu dan “outlet tenant” yang mampu menampung sekitar 14 juta orang.

Namun, jika seluruh bangunan terminal sudah diselesaikan, maka kapasitas bangunan akan meningkat menjadi 20 juta orang. “Pembangunan struktur sudah selesai. Sekarang masuk ke tahapan finishing serta interior. Sementara untuk atap baja sudah sampai ke bagian depan bangunan bandara,” katanya.

Ia menargetkan pekerjaan pembangunan bisa diselesaikan pada Oktober. “Kami menargetkan Oktober nanti seluruh bangunan sudah tertutup semua. Sehingga dari Oktober hingga Desember tinggal finishing. Awal tahun depan, seluruh bangunan sudah bisa dimanfaatkan untuk melayani para penumpang yang ada di bandara ini," katanya.

Selanjutnya, kata Taochid, khusus untuk interior akan menonjolkan beragam desain khas Yogyakarta seperti Taman Sari, Malioboro dan atap terminal yang mengadopsi motif batik Kawung. Pekerjaan dekorasi, interior dan kebutuhan ‘tenant’ sudah mencapai 60 persen.

"Kami juga sudah sepakat merangkul seniman Yogyakarta untuk membuat hiasan lain seperti patung dan bentuk lainnya. Sekarang tahap pemasangan rangka baja Kawung. Sebentar lagi sudah tertutup atapnya. Nanti akan kelihatan bentuknya, saat ini masih dalam proses penyelesaian," katanya.

Baca juga: DPRD mengharapkan Bandara Yogyakarta beroperasi penuh akhir 2019
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar