Yogyakarta menyelesaikan penyaluran dana asistensi lansia tahap pertama

id bantuan lansia yogyakarta,dana asistensi lansia,pelayanan warga lansia

Arsip Foto. Warga lanjut usia mengikuti senam di Bantul, Yogyakarta. (FOTO ANTARA/Regina Safri/wdy/14)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Yogyakarta telah menyelesaikan penyaluran dana asistensi untuk warga lansia tahap pertama dan bersiap melakukan pencairan bantuan tahap kedua pada Oktober.

"Sudah selesai pencairan untuk tahap pertama. Jumlah penerima memang berkurang cukup banyak dari data awal yang kami miliki," kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Yogyakarta Iriyanto Edy Purnomo di Yogyakarta, Jumat.

Tahun anggaran 2019, Dinas Sosial Kota Yogyakarta mengalokasikan dana asistensi sosial bagi 6.360 warga lanjut usia (lansia) dari kelompok keluarga miskin. Namun, setelah proses verifikasi jumlah penerima bantuan berkurang menjadi sekitar 4.000 orang.

Pengurangan jumlah warga lansia yang berhak menerima asistensi sosial antara lain terjadi karena ada warga penerima yang meninggal dunia, pindah ke luar daerah, atau tidak lagi termasuk dalam kategori warga miskin yang berhak menerima bantuan.

Dalam program bantuan dana asistensi itu, setiap warga lansia memperoleh bantuan Rp110.000 per bulan selama satu tahun. Bantuan tersebut dicairkan dalam dua tahap, per semester. Dana disalurkan langsung ke rekening bank penerima bantuan.

"Untuk proses pencairan tahap kedua juga akan diawali dengan mekanisme verifikasi data di lapangan. Dimungkinkan ada pengurangan karena banyak warga yang sudah meninggal dunia," kata Iriyanto.

Pemerintah Kota Yogyakarta menjalankan program afirmasi berupa bantuan asistensi sosial untuk lansia sejak 2018. Tahun lalu bantuan hanya diperuntukkan bagi warga lansia terlantar dan setiap penerima bantuan memperoleh dana Rp300.000 per bulan.

Tahun ini sasaran program bantuan asistensi sosial bagi warga lansia diperluas sehingga mencakup seluruh warga lansia dari kelompok keluarga miskin di Kota Yogyakarta, namun nilai bantuannya berkurang menjadi Rp110.000 per bulan.

Bantuan tersebut diberikan berdasarkan hitungan jiwa. Jika di dalam satu keluarga miskin ada dua yang berusia lanjut maka keduanya akan mendapat bantuan dari pemerintah.

Program pemberian bantuan dana asistensi bagi lansia merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mewujudkan kota yang ramah warga lansia.

Kota Yogyakarta menurut data pemerintah 14 persen dari warganya berusia lebih dari 60 tahun.
 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar