Verstappen: hasil runner-up di GP Hungaria sudah optimal

id max verstappen,gp hungaria,formula one

Pebalap Red Bull Max Verstappen menjalani sesi latihan bebas GP Hungaria, Sirkuit Hungaroring. (2/8//2019) Reuters/Lisi Niesner

Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen mengaku finis runner-up adalah hasil maksimal yang ia bisa raih bersama Red Bull di GP Hungaria walau pun jika menerapkan strategi yang sama dengan pebalap Mercedes Lewis Hamilton.

Verstappen, yang meraih pole position perdana sepanjang karirnya itu, memimpin hampir sebagian besar balapan di Sirkuit Hungaroring, Minggu, sebelum akhirnya harus mengakui kecepatan Mercedes di empat lap terakhir.

"Dia jelas lebih cepat dari kami dan aku cukup kewalahan dengan daya cengkeram setelah beberapa lap," jelas sang pebalap asal Belanda seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Hanya saja ini bukan hari kami ketika kecepatan dibandingkan dengan milik Lewis, tapi dibandingkan dengan yang lain kami masih lebih cepat secara keseluruhan."

Setelah gagal menyalip Verstappen, Hamilton masuk ke pit untuk mengganti ban medium di lap ke-48 dan terbukti strateginya berjalan baik. Di empat lap terakhir dia mampu mengejar ketertinggalan sekitar 20 detik untuk merebut gelar juara dari sang pebalap Red Bull.

Verstappen mengatakan bahwa Hamilton berada di posisi yang tak terancam jika melakukan pitstop, sementara Red Bull memutuskan untuk menarik pebalapnya ke pit setelah disalip Mercedes untuk berganti ban soft demi merebut poin tambahan dari waktu putaran tercepat di balapan.

"Ketika kalian start dari pole kalian ini finis pertama tapi kalian juga harus realistis. Hari ini kami tak memiliki laju yang dimiliki Mercedes dan posisi kedua dengan waktu putaran tercepat adalah hasil maksimal yang bisa kami raih," kata Verstappen.

Ketika ditanya apa kah dia bisa menang menggunakan ban medium seperti strategi Mercedes, Hamilton menjawab tidak.

"Tidak karena jika aku melakukan dua stop, (Hamilton) tetap berada di depanku karena mereka memiliki laju yang lebih tinggi, jadi satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mencoba dan menahannya di belakang dengan ban yang sama."

Verstappen cukup membuat kejutan di akhir pekan setelah meraih pole position pertama sepanjang karirnya, dan menjadi pebalap ke-100 di F1 yang pernah meraih pole, juga pebalap termuda keempat yang melakukannya.

Verstappen kini di peringkat tiga klasemen menempel Valtteri Bottas (Mercedes) dengan selisih tujuh poin dan 69 poin dari pemuncak klasemen, Hamilton dengan sembilan balapan tersisa musim ini.

Baca juga: UIsai kalah di GP Hungaria, Ferrari harus berbenah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar