Sepinggan menjadi bandara terbaik di dunia

id bandara sepinggan terbaik di dunia

Sepinggan menjadi bandara terbaik di dunia

Deretan counter check in di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Bandara Sepinggan kembali menjadi bandara terbaik di dunia untuk kelas 5-15 juta penumpang. (Foto: Novi Abdi/Antara)

Balikpapan, (ANTARA) - Airport Council International menetapkan Bandara Sepinggan di Balikpapan sebagai bandara terbaik di dunia untuk kategori bandara dengan penumpang 5-15 juta orang per tahun.

“Kita unggul dari Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai (India), Bandara Incheon (Korea Selatan), serta Bandara Internasional Halifax Stanfield (Kanada),” kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Sepinggan Farid Indra Nugraha di Balikpapan, Selasa.

ACI yang berkantor di Montreal, Kanada itu menggelar Airport Service Quality (ASQ) atau survei kualitas layanan selama waktu tertentu yang diumumkan pada 6 Maret 2019.

Bandara Sepinggan Balikpapan terbaik pada empat kategori di kelas 5-15 juta penumpang tersebut, yaitu bandara terbaik di Asia-Pasifik, bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana, bandara terbaik dalam pelayanan pelanggan dan bandara dengan infrastruktur terbaik.

Penilaian pada infrastruktur terutama parkir, toilet, elevator (lift), eskalator, ATM, counter check in dan bagasi.

"Dengan akreditasi dari ACI ini artinya pengelola bandara telah menunjukkan komitmen secara terus-menerus untuk menjaga kepuasan pelanggan,” kata ACI World Director Angela Gittens dalam siaran persnya.

Gittens akan menyerahkan sertifikat tanda penghargaan ini pada ajang ACI Customer Experience Global Summit di Bali, 2-5 September 2019, yang akan dihadiri seluruh jajaran pengelola bandara terbaik dari seluruh dunia.

Selain Bandara Sepinggan, bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yang juga mendapat penghargaan dari ACI untuk berbagai kategori yaitu Bandara Adi Soemarmo Solo; Bandara Achmad Yani Semarang, Bandara Djuanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar Bali, Bandara Lombok Praya Lombok, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Sam Ratulangie Manado.

Penghargaan yang diterima bandara-bandara itu menjadikan Angkasa Pura I sebagai operator bandara pertama di Asia-Pasifik yang mayoritas bandaranya mendapatkan pengakuan atas komitmen menjaga kepuasan pelanggan.


Suasana Terminal Keberangkatan Bandara Sepinggan, Balikpapan. Bandara Sepinggan kembali menjadi bandara terbaik di dunia untuk kelas 5-15 juta penumpang. (novi abdi/Antara)