Distan DIY melibatkan ratusan mahasiswa UGM cek kesehatan daging kurban

id Sapi,Kurban

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) DIY Kurnia Tejowati di Kantor Distan DIY, Rabu. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta akan melibatkan sebanyak 350 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk membantu memeriksa kesehatan daging hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

"Mereka akan membantu melakukan pengawasan satu hari sebelum penyembeliahan dan saat hari-H," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) DIY Kurnia Tejowati di Kantor Distan DIY, Rabu.

Menurut Kurnia, ratusan mahasiswa koas kedokteran hewan itu telah mendapat pembekalan dari Distan DIY dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM pada 3 Agustus 2019.

Mereka nantinya akan bertugas memastikan daging hewan kurban aman, sehat, utuh dan higienes (ASUH) serta layak dikonsumsi sebelum dibagikan ke masyarakat.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Distan DIY Anung Endah Suwasti mengatakan berdasarkan hasil pemantauan sejak 5 Agustus hewan kurban sapi maupun domba di daerah ini bebas dari penyakit berbahaya seperti anthraks maupun penyakit "zoonosis" (menular pada manusia) lainnya.

Meski hingga saat ini dipastikan tidak ada penyakit berbahaya, mendekati hari raya Idul Adha pihaknya akan meningkatkan intensitas pengawasan sapi atau domba khususnya di pasar tempat penjualan hewan serta sejumlah rumah pemotongan hewan (RPH).

Menurut Anung, pemantauan hewan kurban baik sapi maupun domba akan dilakukan Distan DIY bersama pemerintah kabupaten/kota hingga 9 Agustus 2019.

Selain memeriksa kesehatan hewan, petugas juga memastikan apakah sapi atau domba sudah cukup umur atau powel untuk disembelih sebagai hewan kurban atau belum.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar