Pemkab Bantul menyumbang hewan kurban 40 kambing

id Hewan kurban

Pemkab Bantul menyumbang hewan kurban 40 kambing

Bupati Bantul Suharsono menyerahkan sapi kurban dari Gubernur DIY kepada takmir Masjid Al-Muttaqin Rejosari, Desa Terong, Dlingo, Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada pelaksanaan hari raya Idul Adha 1440 Hijriah atau tahun 2019 memberikan sumbangan hewan kurban sebanyak 40 kambing untuk didistribusikan kepada masjid-masjid di daerah ini.

"Jadi Bupati Bantul punya keinginan kalau mau mengadakan kurban, kemudian siapa saja kepala OPD (organisasi perangkat daerah) yang mau ikut berkurban," kata Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Bantul Soekamto disela penyerahan hewan kurban di halaman Rumah Dinas Bupati Bantul, Jumat.

Menurut dia, dari 40 kambing itu, empat kambing diantaranya berasal dari Bupati Bantul Suharsono, sedangkan sebanyak 36 kambing lainnya dikumpulkan dari kepala-kepala OPD di lingkungan Pemkab Bantul.

"Namun ini atas nama pribadi dan bukan atas nama OPD, jadi atas nama yang bersangkutan yang kebetulan mereka ini kepala instansi masing-masing dan diserahkan secara bersama-sama. Jadi ini ajakan Bupati," katanya.

Dia mengatakan, seluruh hewan kurban itu diserahkan ke masjid-masjid terpilih yang sebelumnya mengajukan proposal ke pemerintah daerah yang kemudian diverifikasi untuk dipenuhi.

"Ini sudah tahun berjalan, yang tahun kemarin itu 28 kambing, namun sekarang 40 kambing, ini mungkin karena kesadarannya (untuk berkurban) naik. Karena kalau dari pemkab tidak dianggarkan, mudah-mudahan tahun depan bisa dianggarkan," katanya.

Selain menyerahkan 40 kambing kurban dari Bupati dan pejabat Bantul, pada kesempatan itu Bupati Bantul juga menyerahkan seekor sapi kurban dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada takmir masjid Al-Muttaqin Rejosari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan, setiap tahun selalu mengimbau kepada para pejabat OPD di Bantul terutama yang mampu secara ekonomi untuk memberikan bantuan hewan kurban kepada warga melalui masjid-masjid untuk disembelih pada hari raya Idul Adha.

"Ini sudah tiap tahun dan dari saya sendiri ada empat kambing, ini khusus untuk warga kita membutuhkan hewan kurban. Total ada 40 kambing dan satu sapi untuk saya serahkan ke Dlingo, ini tidak ada paksaan, namun tahun ini Alhamdulillah semua bisa membantu dan terkumpul 40 kambing," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar