Bantul memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat

id Hewan kurban

Bantul memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat

Ternak di pasar hewan Imogiri Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha 1440 Hijriah ini dalam kondisi sehat.

"Untuk kondisi hewan kurban di Bantul saat ini Insya Allah dalam kondisi sehat, tidak ada penyakit yang kami ketemukan," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Joko Waluyo di Bantul, Jumat.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan pemantauan kondisi kesehatan ternak di pasar-pasar hewan termasuk di tempat penampungan hewan kurban di Bantul, dan hingga dua hari menjelang perayaan Lebaran Haji 2019 tidak ada temuan penyakit.

"Kami sudah memantau sejak Juli lalu dan kondisinya baik, semua sehat, Alhamdulillah tidak ada masalah," katanya.

Namun demikian, kata dia, seperti pengalaman pada pemotongan hewan kurban tahun sebelumnya, temuan cacing hati pada hati ternak biasanya didapati setelah ada pemotongan hewan, atau hari H sesaat setelah petugas memantau ke lokasi pemotongan.

"Di hari H paling-paling biasanya temukan kita cacing hati, namun kalau cacing hati nggak masalah (daging) bisa dikonsumsi. Cuma hatinya yang kena cacing nanti harus dipotong dan dikubur atau dibakar. Kalau yang tidak kena tidak masalah," katanya.

Dia mengatakan, pada pelaksanaan hewan kurban tahun lalu terdapat sebanyak 2.130 titik pemotongan yang tersebar di kompleks masjid-masjid serta mushola yang ada di Bantul, sedangkan pada tahun ini diperkirakan bertambah.

"Mungkin tahun ini ada kenaikan hampir sekitar 2.200 titik pemotongan, kalau (titik pemotongan) turun tidak mungkin, pasti nambah," katanya.

Joko mengatakan, sedangkan untuk ketersediaan ternak di Bantul dalam menghadapi Idul Adha diperkirakan mencukupi karena  di Bantul terdapat sentra-sentra peternakan maupun pasar hewan terutama di Imogiri.

"Ternak di Bantul tercukupi dari ketersediaan yang ada. Tahun kemarin kebutuhan sapi hampir 6.000 ekor, kemudian domba dan kambing sekitar 13.000 an ribu ekor, ini sudah ada dan mudah-mudahan tercukupi," katanya.