Daging kurban di Istana Gedung Agung disalurkan untuk pegawai dan warga

id Gedung agung,kurban Istana Gedung Agung,Daging kurban Istana Gedung Agung,Daging kurban untuk pegawai dan warga

Proses penyembelihan sapi dari Jokowi dengan bobot hidup 1.037 kilogram (kg) di sudut belakang kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta, Minggu. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Daging kurban dari sapi sumbangan Presiden Joko Widodo berjenis peranakan ongole (PO) di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta disalurkan untuk para pegawai dan warga DI sekitar istana yang berlokasi di pusat Kota Yogyakarta itu.

Proses penyembelihan sapi dari Presiden Jokowi dengan bobot hidup 1.037 kilogram (kg) itu dilakukan di sudut belakang kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Minggu pukul 10:00 WIB.

"Daging hewan kurban nanti akan kami saluran untuk yang berhak menerima, yang pertama nanti untuk tenaga kebersihan, kemudian tenaga pertamanan Istana. Nanti juga akan kami salurkan ke luar (masyarakat sekitar)," kata Kepala Subbag Perlengkapan Istana Kepresidenan Yogyakarta Budi Nuryanto di sela prosesi penyembelihan.

Menurut Budi, daging sapi dari Presiden Jokowi diperkirakan mencapai 400 bungkus dengan berat masing-masing 1 kilogram. Setelah disalurkan untuk para pegawai Istana, sebanyak 200 bungkus dagung akan disalurkan kepada warga di sekitar Istana Gedung Agung itu.

"Nanti kami yang akan membagikan langsung daging ke lokasi (rumah-rumah warga)," kata Budi.

Selain melibatkan tenaga pemotongan hewan kurban dari Pemprov DIY, menurut dia, pihaknya juga menggandeng Dinas Kesehatan Yogyakarta untuk memastikan kesehatan daging sapi sesudah penyembelihan. "Jadi untuk kesehatan daging kami pastikan betul," kata dia.

Budi mengatakan Presiden Joko Widodo sudah kali kelima menyumbangkan sapi untuk Istana Kepresidenan Yogyakarta dan satu kabupaten di DIY.

Tahun ini, selain untuk istana, Jokowi juga menyumbangkan satu ekor sapi jenis simmental seberat 1.118 kg untuk warga Gunung Kidul.

"Sudah kelima kali ini Pak Jokowi memberikan hewan kurbannya khususnya di Istana Kepresidenan Yogyakarta," kata Budi.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar