Pemkab Bantul gelar kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI

id Sekda Bantul

Sekda Bantul Helmi Jamharis (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat kabupaten setempat.

"Yang jelas dalam memperingati HUT RI tahun ini ada beberapa kegiatan yang dibagi menjadi dua, yakni kegiatan yang sifatnya protokoler dan hiburan kepada masyarakat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis di Bantul, Minggu.

Menurut dia, kegiatan pemerintah daerah yang sifatnya protokoler akan dimulai dengan pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang rencananya dilaksanakan di wilayah Bantul pada 15 Agustus malam.

"Bupati Bantul Suharsono akan mengukuhkan anggota paskibraka yang nantinya akan mengibarkan bendera Merah Putih saat upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus," kata Helmi.

Selanjutnya, ada kegiatan upacara Detik-Detik Proklamasi pada 17 Agustus di Lapangan Trirenggo depan kompleks Rumah Dinas Bupati Bantul yang diikuti oleh Bupati Bantul dan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) se-Bantul.

"Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan sebagai bentuk penghormatan dari para generasi penerus terhadap para pahlawan yang telah gugur mendahului kita yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan," katanya.

Helmi mengatakan, pada 17 Agustus sore ada kegiatan penurunan bendera Merah Putih dengan kegiatan aubade atau nyanyian maupun alunan musik untuk memberikan penghormatan yang dibawakan kelompok paduan suara.

Menurut dia, kegiatan yang sifatnya hiburan yaitu pawai. Ada juga gerak jalan untuk anak sekolah yang pelaksanaan akan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul.

"Artinya bahwa kegiatan yang kita rancang itu bisa semaksimal mungkin melibatkan ASN dan perangkat desa serta masyarakat bisa menikmati atas kemerdekaan yang telah mencapai 74 tahun. Jadi secara garis besar itu yang kita laksanakan," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar