Bupati Sleman mengajak Pramuka peka pilih informasi

id Bupati Sleman,Pramuka,Berita bohong

Bupati Sleman mengajak Pramuka peka pilih informasi

Bupati Sleman menyematkan tanda penghargaan Garuda bagi anggota Gerakan Pramuka pada Apel Besar Hari Pramuka Kabupaten Sleman. (Foto istimewa)

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mengajak Pramuka peka dalam memilih informasi terutama yang banyak beredar di masyarakat melalui berbagai media sosial.

Permintaan tersebut disampaikan Bupati Sleman saat menjadi Pembina Upacara pada Apel Besar Hari Pramuka Ke-58 tahun 2019 Kabupaten Sleman di Lapangan Margokaton, Seyegan, Rabu.

Sri Purnomo mengaku merasa prihatin dengan kondisi saat ini, dimana banyak generasi muda dengan mudah diprovokasi berita bohong hanya melalui lini masa yang belum jelas sumber beritanya.

"Berbagai isu yang dikemas dalam bentuk berita bohong atau hoaks merupakan ancaman nyata bagi persatuan bangsa," katanya.

Menurut dia, dibutuhkan budaya tabayyun atau kebiasan meneliti setiap kebenaran berita. Dengan kebiasaan tersebut diharapkan setiap Pramuka dapat menciptakan sinergitas dan keutuhan bangsa.

"Melalui kesempatan ini saya mengimbau kepada seluruh jajaran Pramuka untuk merapatkan barisan bekerja sama secara sinergis untuk membentuk Pramuka yang berkarakter kuat sehingga tidak mudah terbawa arus serta memiliki integritas yang baik," katanya.

Sri Purnomo juga meyakini bahwa gerakan Pramuka dapat menyatukan bangsa ketika banyak pihak memiliki berbagai kepentingan.

"Hal ini karena tugas dan fungsi Pramuka di antaranya yaitu mendidik kaum muda agar berkepribadian, berjiwa patriotik dan memiliki jiwa bela negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka," katanya.

Pada Apel Besar Hari Pramuka tersebut Bupati Sleman juga menyerahkan langsung penghargaan Pramuka Garuda pada Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega. Penghargaan tersebut merupakan pencapaian kecakapan umum tertinggi di tiap golongan Pramuka.

Apel Besar Hari Pramuka Kabupaten Sleman tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan kesenian seperti Badui, marching band, kesenian beladiri Saka Bhayangkara Kwartir Cabang Seyegan dan tari-tarian


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024