Kecamatan Kalasan menggelar lomba baris dan pameran UMKM peringati HUT RI

id Wabup Sleman,HUT RI ke 74,Sleman,Lomba baris-berbaris,Pameran UMKM

Peserta lomba baris-berbaris saat melewati panggung upacara memberikan penghormatan kepada Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun.

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar lomba baris-berbaris dan pameran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka memperingati HUT ke74 RI, Rabu.

Lomba baris-berbaris dengan start di lapangan Raden Ronggo, Kalasan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun.

Ribuan masyarakat turut menyaksikan kegiatan tersebut. Ada sebanyak 126 regu yang turut serta dalam lomba ini. 126 regu tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yakni kategori SD, SMP, SMA/umum, yang seluruhnya berasal dari Kecamatan Kalasan. Peserta lomba berjalan kurang lebih lima kilometer di sekitar lapangan Raden Ronggo, Kalasan.

Selain lomba baris berbaris, dalam acara tersebut juga diadakan pawai budaya yang diikuti oleh 12 group serta pameran UMKM binaan Kecamatan Kalasan.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Sleman yang lebih berbudaya.

"Dengan diadakannya pameran UMKM dalam acara tersebut akan dapat mendorong roda perekonomian di Kabupaten Sleman. Meskipun berpanas-panasan, tapi tetap semangat. Ini luar biasa," katanya.

Sementara Camat Kalasan, Siti Anggraeni mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan agar masyarakat dapat turut berkontribusi nyata dalam memperingati hari kemerdekaan RI.

"Sehingga generasi muda dapat pengalaman positif sebagai bekal untuk masa depannya," katanya.

Ia berharap dengan diadakannya acara ini dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi seluruh warga masyarakat.

"Maka ini kita adakan tidak ada batasan usia, mulai dari anak SD sampai masyarakat umum semua berpartisipasi," katanya.

Acara ini merupakan agenda yang rutin diadakan Pemerintah Kecamatan Kalasan setiap menjelang peringatan HUT RI.

Pada kesempatan tersebut juga digelar gladi kotor prosesi upacara kemerdekaan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kecamatan serta pihak terkait lainnya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar