Tasyakuran kurban, ACT DIY bagikan ribuan paket daging kurban

id Act

Tasyakuran kurban, ACT DIY bagikan ribuan paket daging kurban

Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY terus melakukan pemotongan hewan kurban hingga hari kedua tasyrik pasa Selasa (13/8).   (ACT)

Bantul (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY terus melakukan pemotongan hewan kurban hingga hari kedua tasyrik pasa Selasa (13/8). 
 
Giliran warga di sekitar SMP Islam Terpadu Ar-Raihan, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul yang menikmati daging kurban. Sebanyak 90 kambing disembelih di desa pedalaman Bantul itu.

Kepala Cabang ACT DIY Bagus Suryanto mengatakan, pemotongan yang dipusatkan di SMPIT Ar Raihan ini akan dibagikan kepada ribuan warga di sekitar sekolah. Selain warga, beberapa yayasan serta pesantren juga mendapatkan distribusi hewan kurban. 

"Pesebaran hewan kurban ini cukup luas, menjangkau banyak masyarakat yang membutuhkan," kata dia.

Di sekitar SMPIT Ar Raihan, masih banyak dihuni masyarakat prasejahtera. Mereka mayoritas bekerja sebagai buruh tani. Warga ini yang menjadi penerima daging kurban dari Global Qurban.

Slamet, kepala Yayasan Ar Raihan mengatakan, pemotongan hewan kurban bersama ACT di sekolahnya itu bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, dalam tiga tahun berturut-turut sekolah di pedalaman Bantul itu juga menjadi lokasi penyembelihan hewan oleh ACT. 

"Semoga kolaborasi ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun ke depan," harapnya.

Selain penyembelihan hewan kurban, ACT bersama Ar Raihan juga menggelar Tasyakuran Kurban. Acara ini merupakan kegiatan makan bersama daging kurban bersama warga desa. Ratusan warga Selasa pagi itu berbaur, gotong-royong membantu proses penyembelihan.

Masakan tongseng dan gulai kambing menjadi menu andalan di siang hari itu. Sri, salah satu warga yang memasak mengatakan, menu ini dibuat karena yang dapat dimasak dalam waktu cepat. Daging segar setelah dipotong segera dicacah dan dimasak dengan bumbu yang telah disiapkan.

"Porsi banyak, kerjanya bisa cepat karena warga yang bantu banyak juga," ungkapnya sambil memasak.

Selain masyarakat sekitar, acara tasyakuran kurban juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat diantaranya Perwakilan Bupati Bantul, Dandim Bantul, Kapolsek Bantul, Anggota DPRD Bantul, Camat Bambanglipuro serta Lurah Sidomulyo. 

Pada tahun ini, ACT DIY total menyembelih sebanyak 1.200 ekor kambing.