Tujuh pendaftar calon Sekda Yogyakarta telah lolos seleksi administrasi

id Seleksi, sekda, yogyakarta

Tujuh pendaftar calon Sekda Yogyakarta telah lolos seleksi administrasi

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menjelaskan tentang seleksi Sekda (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Tujuh pendaftar calon Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yaitu uji kompetensi serta pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan.

“Seluruh pelamar untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta memang berasal dari aparatur sipil negara (ASN) yang selama ini mengabdi di Kota Yogyakarta. Tidak ada pelamar dari luar,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, meskipun tidak ada satupun pelamar dari luar jajaran birokrasi Pemerintah Kota Yogyakarta namun kondisi tersebut tidak mengurangi kualitas, kapabilitas maupun kompetensi dari calon yang melamar melalui seleksi terbuka tersebut.

Heroe menyebut, seluruh pelamar sudah memenuhi kriteria dan syarat yang dibutuhkan untuk menduduki jabatan Sekretaris Daerah.

“Syarat sebagai eselon 2 sudah terpenuhi. Mereka pun sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun di birokrasi. Saya kira, kapasitas dan kompetensi mereka tidak perlu diragukan sehingga nantinya dipastikan bisa mengemban jabatan sebagai Sekretaris Daerah,” katanya.

Tujuh pelamar yang lolos seleksi administrasi tersebut adalah Aman Yuriadijaya yang kini menjabat sebagai Asisten Umum Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Edy Muhammad Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan dan Anak, Kadri Renggono Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Rudi Darmawan Pengawas Sekolah Madya Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Suyana Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, dan Wirawan Hariyo Yudo Staf Ahli Wali Kota Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Uji kompetensi dilakukan selama tiga hari sejak Rabu (14/8) hingga Jumat (16/8) dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan pada Senin (19/8) di RS Jogja.

Panitia Seleksi yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Pemerintah DIY Gatot Saptadi akan mengumumkan hasil uji kompetensi pada 30 Agustus.

Setelah dinyatakan lolos uji kompetensi dan kesehatan, pelamar akan menjalani tahap seleksi wawancara dan dipilih tiga kandidat untuk diusulkan ke Gubernur DIY dan salah satunya akan terpilih untuk ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta.

Saat ini, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta diisi oleh Penjabat Sekda yaitu Heri Karyawan yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta. Heri dilantik sebagai penjabat setelah Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta sebelumnya yaitu, Titik Sulastri memasuki masa purna tugas pada 1 Agustus.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024