Presiden Jokowi: jalan para pahlawan adalah jalan bangsa Indonesia

id Renungan Suci,Taman Makam Pahlawan,Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo ketika membacakan renungan suci pada malam 16 Agustus 2019 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Sabtu (17/8/2019) dini hari. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo yang menjadi inspektur upacara renungan suci pada malam 17 Agustus 2019 di Taman Malam Pahlawan Nasional Utama Kalibata mengatakan jalan para pahlawan yang telah gugur merupakan jalan seluruh bangsa Indonesia.

"Kami menyatakan hormat atas keridhoan dan keikhlasan para pahlawan demi perjuangan bangsa," kata Presiden ketika membacakan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Sabtu dini hari.



Presiden menyebut terdapat 10.026 jenazah para pahlawan yang dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Nasional Utama Kalibata, termasuk para pejuang, tokoh nasional, dan pejuang tidak dikenal.

Pada renungan suci tersebut, Presiden juga sempat menyebut pahlawan-pahlawan lain yang gugur dan dimakamkan di berbagai kota, dusun, lereng gunung, lembah ngarai, hingga dasar laut.
Presiden Joko Widodo ketika memimpin renungan suci pada malam 16 Agustus 2019 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Sabtu (17/8/2019) dini hari. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Setelah membacakan renungan suci, Presiden memimpin hening cipta untuk mengenang arwah para pahlawan, dilanjutkan penghormatan yang dipimpin komandan upacara Kolonel Inf Slamet Riadi.

Renung suci ditutup doa yang dibacakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar