Sultan memimpin Upacara HUT Kemerdekaan di Gedung Agung Yogyakarta

id Upacara kemerdekaan

Sultan memimpin Upacara HUT Kemerdekaan di Gedung Agung Yogyakarta

Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta. (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Sabtu.

Upacara yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB dan ditandai sirine dari berbagai sudut Istana Kepresidenan dengan Komandan Upacara AKBP Daru Tyas selaku Kasubdit IV Dit Intelkam Polda DIY tersebut dihadiri ratusan peserta dari unsur TNI, Polri, SKPD Pemda DIY, DPRD DIY, pelajar, mahasiswa, serta pramuka.

Selain dihadiri oleh peserta upacara dan tamu undangan dari pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi tersebut juga dihadiri oleh para veteran pejuang di Yogyakarta.



Usai sirine digaungkan, upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan dilanjutkan mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara Sri Sultan HB X dan diikuti oleh semua peserta upacara dan tamu undangan.

Usai mengheningkan cipta, upacara dilanjutkan pembacaan doa oleh pejabat dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY.

Suasana upacara semakin khidmat saat pasukan pengibar bendera sang merah putih memasuki lapangan upacara. Pasukan pengibar bendera yang berasal dari siswa SMA berprestasi se-DIY itu tampil mengesankan sejak masuk lapangan hingga mengibarkan bendera.

Setelah pengibaran bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan persembahan aubade atau lagu-lagu perjuangan dan daerah yang dinyanyikan kelompok paduan suara gabungan pelajar dari SMP dan SMA di DIY yang kemudian disambut dengan tepuk tangan tamu undangan.

Usai persembahan aubade oleh kelompok paduan suara, upacara dilanjutkan dengan laporan dari Komandan Upacara ke Inspektur Upacara bahwa upacara telah dilaksanakan dan kemudian Gubernur DIY meninggalkan lokasi upacara dan diikuti pembubaran pasukan upacara oleh Komandan Upacara.

Upacara Dirgahayu RI tersebut menarik masyarakat Yogyakarta serta wisatawan yang melintas di depan Gedung Agung yang tidak jauh dari kawasan wisata Malioboro Yogyakarta itu untuk menyaksikan proses upacara HUT Kemerdekaan RI secara langsung dari balik pagar.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar