AP I memberi pelatihan lansia terdampak pembangunan Bandara YIA

id AP I,Kulon Progo,Bandara YIA,pelatihan lansia

AP I memberi pelatihan lansia terdampak pembangunan Bandara YIA

Direktur Pelayanan dan Pemasaran AP I Devy Suradji didamping GM BIY/YIA Agus Pandu Purnama di Balai Pelatihan AP I Kabupaten Kulon Progo. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - PT Angkasa Pura I memberikan pelatihan budi daya belut dalam tong dan jamur tiram kepada 100 warga lanjut usia di lima desa terdampak pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pelaksana sementara General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Rabu, mengatakan dalam latihan ini setiap desa diwakili oleh 20 warga sehingga total warga yang mengikuti pelatihan secara keseluruhan adalah 100 orang.

"Pelatihan budi daya belut diberikan untuk warga dari empat desa, yaitu Desa Palihan, Jangkaran, Glagah, dan Kebonrejo sedangkan pelatihan budi daya tanaman jamur tiram diberikan kepada warga di Desa Sindutan," kata Agus.

Ia mengatakan setiap desa akan membentuk kelompok tani belut dan kelompok tani jamur. Pelatihan ini akan dibagi menjadi dua kelompok yang pertama adalah kelompok latihan jamur sebanyak 20 orang akan berlangsung 28 -  31 Agustus di Balai Pemberdayaan Masyarakat PT Angkasa Pura 1. Kemudian, pelatihan budi daya belut sebanyak 80 orang bertempat di Desa Palihan.

"Latar belakang pemilihan jenis latihan Ini pertama memang kami menawarkan kepada calon peserta di lima desa, ternyata dari lima desa di empat desa memilih budi daya belut, dan hanya satu desa yang memilih jamur tapi dua-duanya  punya potensi yang baik di Kulon Progo," kata Agus.

 Agus Pandu mengatakan pihaknya juga sudah melakukan survei di sentra-sentra olahan belut termasuk di pasar-pasar di Kecamatan Godean.

"Kami coba survei. Mereka ini mendapatkan bahan-bahannya dari luar Yogyakarta. Untuk jamur ini olahannya semuanya dari luar Yogyakarta. Akhirnya kami berpikir kenapa tidak kita saja yang menyiapkan bahan-bahan tersebut sehingga kami melaksanakan CSR untuk pelatihan ini," katanya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan dan Pemasaran AP I Devy Suradji mengatakan salah satu program pelatihan untuk warga di sekitar bandara adalah pelatihan khusus untuk lansia.

Mereka akan melakukan budi daya jamur dan belut. Tidak ada batasan bagi orang tua untuk belajar dan tidak ada batasan umur untuk mendapatkan penghasilan.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar