Bantul selenggarakan job fair sediakan 5.636 lowongan pekerjaan

id Job fair Bantul

Bantul selenggarakan job fair sediakan 5.636 lowongan pekerjaan

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul Riswidodo didampingi Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kerja dan Transmigrasi Istirul Widilastuti saat jumpa pers Job Fair 2019. (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan pameran kesempatan kerja atau job fair yang menyediakan sebanyak 5.636 lowongan pekerjaan dari berbagai kualifikasi pendidikan.

"Kegiatan kita di Dinas Tenaga Kerja dan Tramsmigrasi (Disnakertrans) khususnya dalam penempatan tenaga kerja tahun ini akan digelar job fair pada 4 dan 5 September 2019 dengan total 5.636 lowongan yang tersedia," kata Sekretaris Disnakertrans Bantul Riswidodo di Bantul, Senin.

Job fair tersebut akan digelar di halaman Pyramid Hall Jalan Parangtritis, Sewon Bantul pada Rabu dan Kamis (4-5 September) pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

Sesuai rencana job fair yang mengundang puluhan tamu dari pihak terkait itu akan dibuka Bupati Bantul Suharsono.

Dia mengatakan, lowongan pekerjaan itu terdiri untuk kualifikasi pendidikan sekolah dasar (SD) sebanyak 100 lowongan, pendidikan SMP sebanyak 707 lowongan, pendidikan SMA sebanyak 4.266 lowongan, pendidikan Diploma III (D3) sebanyak 292 lowongan dan pendidikan sarjana (S1) sebanyak 271 lowongan.

"Harapan kami job fair ini bisa dipublikasikan agar bisa dihadiri para pencari kerja dan bisa akomodir pencari kerja. Target pengunjung selama job fair sebanyak 4.000 pencari kerja dengan target penempatan sekitar 2.500 orang atau separo dari lowongan bisa terpenuhi," katanya.

Dia mengatakan, job fair tersebut akan diikuti sebanyak 35 perusahaan yang telah digandeng pemerintah, baik perusahaan lokal maupun luar daerah Bantul. "Untuk perusahaan dari Kabupaten Bantul sebanyak 13 perusahaan, sedangkan dari luar Bantul sebanyak 22 perusahaan," katanya.

Dia mengatakan, agenda kegiatan dalam bursa kerja tersebut diantaranya seminar dengan menghadirkan narasumber kompeten untuk memberikan informasi mengenai kondisi ketenagakerjaan secara umum baik tingkat nasional maupun daerah.

"Selain itu memberi pengetahuan kepada para pencari kerja tentang bagaimana cara untuk menghadapi dunia kerja, baik dari personal performance, cara menghadapi wawancara kerja dan psikotes serta materi penting lainnya," katanya.

Selain itu, kata dia, dalam job fair ada talkshow perusahaan yang mana perusahaan diberi kesempatan memperkenalkan perusahaan kepada para pencari kerja baik dari profil perusahaan, lowongan pekerjaan, syarat-syarat pelamar dan informasi lain oleh masing-masing perusahaan.