Tiga nama usulan calon Sekda Yogyakarta diumumkan pada pekan depan

id Seleksi Sekda,Pemkot Yogyakarta,siapa sekda Pemkot Yogya

Tiga nama usulan calon Sekda Yogyakarta diumumkan pada pekan depan

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menjelaskan tentang seleksi Sekda (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kota Yogyakarta akan menyampaikan tiga nama yang lolos seleksi terakhir dan berhak diusulkan sebagai calon Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta ke Gubernur DIY pekan depan.

“Pengumuman akan disampaikan secara terbuka pada 9 September. Hanya berupa nama saja dan tidak akan disertai urutan peringkat atau nilainya,” kata Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kota Yogyakarta Gatot Saptadi di Yogyakarta, Rabu.

Gatot mengatakan, panitia seleksi sudah melakukan seleksi tahap akhir berupa presentasi makalah sekaligus wawancara terhadap lima pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi kompetensi. Sebelum mengikuti wawancara, kelima pendaftar tersebut sudah mengikuti tahap penulisan makalah.



Kelima pendaftar yang mengikuti seleksi tahap akhir adalah Kadri Renggono yang saat ini menjabat sebagai Asisten Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Bidang Perekonomian, Aman Yuriadijaya sebagai Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum, Edy Muhammad yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan dan Anak, Maryustion Tonang Kepala Dinas Pariwisata serta Suyana yang menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Pada tahap presentasi dan wawancara tersebut, Gatot mengatakan, seluruh tim yang tergabung dalam panitia seleksi mencoba menggali lebih dalam mengenai kemampuan dan potensi dari masing-masing pendaftar sesuai makalah yang mereka tulis sebelumnya.

Tema penulisan makalah berupa peran Sekretaris Daerah untuk mendukung upaya realisasi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang sudah ditetapkan termasuk di dalamnya melakukan reformasi birokrasi.

“Saya kira, seluruh pendaftar memiliki kemampuan yang baik. Mereka menyampaian gagasan-gagasan yang segar karena rata-rata masih berusia muda. Tentunya, gagasan baru ini sangat penting untuk kinerja Sekretariat Daerah ke depan,” kata Gatot.

Selain memiliki gagasan baru, Gatot menyebut, calon sekda juga harus mampu menjadi figur panutan sekaligus memiliki banyak kemampuan karena ketugasannya tidak hanya berhubungan dengan birokrasi pemerintah daerah saja. “Harus multitalent. Ini cukup penting,” katanya.

Setelah diumumkan, panitia seleksi akan menyampaikan tiga nama calon sekda tersebut ke Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang kemudian menyampaikannya ke Gubernur DIY. “Saya kira tidak butuh waktu lama untuk menentukan siapa calon yang tepat. Gubernur kemudian menerbitkan surat keputusan,” katanya.

Proses seleksi calon Sekda Kota Yogyakarta semula diikuti tujuh pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan semuanya adalah pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Setelah seleksi kompetensi dan tes kesehatan, panitia seleksi menyatakan hanya ada lima pendaftar yang memenuhi “passing grade” untuk mengikuti tahap berikutnya yaitu penulisan makalah, presentasi dan wawancara.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024