Job Fair Bantul diharapkan menyerap ribuan tenaga kerja

id Job Fair Bantul

Job Fair Bantul diharapkan menyerap ribuan tenaga kerja

Bupati Bantul Suharsono didampingi Kepala Disnakertrans Bantul Sulistyanto meninjau stan perusahaan peserta Job Fair Bantul 2019. (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kegiatan pameran kesempatan kerja atau Job Fair yang diselenggarakan di Hall Pyramid Jalan Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 4 dan 5 September diharapkan dapat menyerap ribuan tenaga kerja setempat.

"Kami berharap agar Job Fair ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga masyarakat pencari kerja khususnya dari Bantul, dengan demikian akan terjadi penyerapan tenaga kerja yang sebanyak-banyaknya," kata Bupati Bantul Suharsono saat membuka Job Fair Bantul, di Bantul, Rabu.

Job Fair yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul itu diikuti sebanyak 33 perusahaan lokal maupun luar daerah, dengan formasi yang disediakan sebanyak 5.636 lowongan mulai dari kualifikasi pendidikan tamatan SD, SMP, SMA, Diploma III dan Sarjana.

Bupati mengatakan, berdasarkan data statistik ketenagakerjaan Kabupaten Bantul Tahun 2018, secara umum dapat diketahui bahwa masih terdapat sebanyak 15.733 orang pengangguran di Bantul yang tersebar di 17 kecamatan.

"Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab Bantul), kami menyambut baik dan merasa bersyukur dengan Job Fair 2019, kami juga apresiasi kepada perusahaan dan mitra kerja yang telah berpartisipasi mengikuti Job Fair ini" katanya.

"Saya yakin angkatan kerja dari Bantul adalah angkatan kerja yang berdaya saing dan mempunyai keunggulan, sehingga akan bisa memenuhi kualifikasi dan standar yang dibutuhkan," kata Bupati Bantul.

Bupati menjelaskan, bahwa perkembangan teknologi dan informasi berpengaruh terhadap karakter pekerjaan, dan di era Revolusi Industri 4.0 saat ini berbagai jenis pekerjaan diprediksi akan hilang, namun disisi lain revolusi industri akan melahirkan jenis-jenis pekerjaan baru.

Oleh karena itu, Bupati berpesan kepada peserta Job Fair Bantul untuk terus berinovasi dengan cara belajar dan bekerja di atas standar. Ibarat kalau dahulu orang menggelorakan merdeka atau mati, maka sekarang saatnya kita gunakan berinovasi.

"Perkuat diri kalian dengan berbagai keterampilan dan kompetensi kerja, serta penguasaan bahasa asing. Saya yakin dengan bekal itu kalian mempunyai daya saing," katanya.