Dinkop UKM Sleman memberi tips wirausaha untuk siswa SMK

id Dinkop UKM Sleman,Wirausaha,Sleman,SMKN 1 Seyegan

Dinkop UKM Sleman memberi tips wirausaha untuk siswa SMK

Dinkop UKM Kabupaten Sleman mengadakan "Brainstorming" kewirausahaan untuk siswa SMKN 1 Seyegan. Foto HO - Dinkop UKM Kabupaten Sleman.

Sleman (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan kegiatan terkait kewirausahaan bagi generasi muda yakni siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Seyegan, Kamis.

"Pada kegiatan tersebut siswa mendapatkan berbagai ilmu, tips dan trik serta inspirasi berkaitan dengan bagaimana menumbuhkan jiwa wirausaha, mengembangkan hingga mampu mewujudkan," kata Kepala Dinkop UKM Kabupaten Sleman, Pustopo.

Kegiatan itu diikuti siswa kelas XII SMK sebanyak 286 siswa dari enam jurusan yang berbeda, yakni jurusan Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, Teknik Ototronik, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Desain Permodalan dan Informasi Bangunan dan Konstruksi Gedung Sanitasi Perawatan.

Pustopo mengatakan bahwa kegiatan "brainstorming" kewirausahaan ditujukan untuk mempersiapkan siswa kelas XII yang pada tahun 2020 akan lulus.

"Berwirausaha menjadi salah satu pilihan bagi siswa setelah lulus, karena siswa SMK memiliki bekal ketrampilan yang dapat langsung dipraktikkan," katanya.

Ia mengatakan dengan berwirausaha sekaligus dapat menciptakan lapangan kerja dan mampu menjadi pribadi yang mandiri, inovatif dan kreatif.

"Untuk membantu masyarakat Sleman termasuk siswa SMK mengembangkan usaha Pemerintah Kabupaten Sleman, melalui Dinas Koperasi, UKM Kabupaten Sleman memberikan fasilitas layanan konsultatif dan pembinaan kewirausahaan melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

"PLUT merupakan rumahnya UKM Sleman, semua UKM dapat memanfaatkan layanan yang disediakan PLUT ketika mulai akan merintis usaha dan juga ketika mengembangkan usaha," katanya.

Menurut dia, keberadaan PLUT selain untuk melakukan pendampingan dan pembinaan, juga membantu memberikan solusi permasalahan yang dihadapi UKM, baik dalam permodalan, legalitas usaha, pemasaran dan lainnya.

"Oleh karena itu para siswa klas XII tidak perlu khawatir untuk langsung berwirausaha," katanya.

Wakil Kepala Sekolah SMK N 1 Seyegan bagian Kurikulum Sri Widodo, M.Eng menyambut positif kegiatan "brainstorming" kewirausahan tersebut.

"Kegiatan kewirausahaan sejalan dengan program dan visi sekolah yaitu mengarahkan peserta didik ketika nanti lulus dari bangku SMK tidak hanya bercita-cita mencari pekerjaan tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk masa depan peserta didik dan bangsa Indonesia lebih baik lagi di masa yang akan datang," katanya.

Kegiatan "Brainstorming" bagi Siswa SMK N 1 Seyegan membawa tema "Think Big, Action Now" ini menghadirkan dua narasumber.

Materi "Menumbuhkan Spirit dan Mental Entrepreneurship di Era Digital" disampaikan oleh Ismail Hermana selaku Coach dan Motivatior dari LP3I Yogyakarta, dan materi "Strategi Sukses Berbagi Usaha Bagi Pemula" disampaikan oleh Imam Syaf’ii selaku Konsultan Branding, Content Creator dan Konsultan Dinas Koperasi UKM Provinsi DIY.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar