Visa edukasi pelaku usaha perempuan mengenai manajemen keuangan

id visa, literasi keuangan,pelaku usaha perempuan

VIsa bekerja sama dengan OJK dan BI menggelar workshop Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak di Yogyakarta (ANTARA/HO-Visa)

Yogyakarta (ANTARA) - Perusahaan pembayaran digital Visa bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia menggelar workshop Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak, sebuah program yang mengedukasi pelaku usaha perempuan untuk berbagi pengetahuan seputar manajemen keuangan.

"Memasuki tahun ketiga penyelenggaraan, workshop kali ini diselenggarakan di Yogyakarta, menyasar para pelaku usaha perempuan di bawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta," kata Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, workshop kali ini digelar di Yogyakarta, mengingat posisinya sebagai salah satu pusat ekonomi kreatif dan kewirausahaan.

Workshop tersebut tidak hanya mengedukasi seputar pengetahuan manajemen keuangan yang mendasar, tetapi juga agar pelaku usaha perempuan cerdas dalam mengakses produk/layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kemampuan, serta pentingnya pemahaman akan perlindungan konsumen dalam mendukung pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

"Kami senang bisa bekerja sama dengan OJK dan BI untuk memperluas program #IbuBerbagiBijak tahun ini, dengan menggandeng para pelaku usaha perempuan dan Komunitas UMKM. Kami meyakini bahwa mereka adalah salah satu pihak yang dapat berperan besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di masa mendatang," kata Riko.

Sementara itu, Kepala Bidang UKM dari Dinas Koperasi, UKM, dan Nakertrans Kota Yogyakarta Rihari Wulandari mengatakan sebagai pihak yang lekat sekali pada bidang wirausaha, pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya program #IbuBerbagiBijak ini.

"Antusiasme kami terhadap program ini sangat tinggi karena kami belajar dari pengalaman sebelumnya," kata Rihari yang juga Wakil Ketua I Dekranasda Kota Yogyakarta.

Menurut dia, apabila dalam berkreasi membuat usaha rumahan tidak disertai pengetahuan dan pemahaman literasi keuangan yang baik, maka keuntungan yang didapat tidak akan maksimal, bahkan bisa saja menyebabkan "cashflow" berantakan.

"Kami berterima kasih kepada Visa karena sudah melibatkan kami di program #IbuBerbagiBijak yang sarat manfaat, bukan hanya untuk keuangan usaha tetapi juga keuangan keluarga," katanya.

Selain Riko Abdurrahman dan Rihari Wulandari, hadir dalam workshop Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak II itu antara lain Kepala Bagian Industri Keuangan Non-Bank, Pasar Modal, dan Efek Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Noor Hafid dan Financial Educator Prita Ghozie. 
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar