Disnaker Sleman gelar bursa kerja untuk kurangi pengangguran

id job fair sleman,bursa kerja,lowongan kerja

Disnaker Sleman gelar bursa kerja untuk kurangi pengangguran

Bupati Sleman Sri Purnomo saat membuka Job Fair 2019 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (HO Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Job Fair 2019 pada Sabtu hingga Minggu (8/9) di Aula Universitas Sanata Dharma dalam upaya membuka peluang kerja guna mengurangi angka pengangguran.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa pemerintah kabupaten menyelenggarakan bursa kerja untuk membuka akses informasi mengenai lowongan pekerjaan bagi warga.

"Semoga sejumlah perusahaan yang membuka lowongan kerja mendapatkan SDM yang sesuai dengan yang dibutuhkan, dan memudahkan bagi pencari pekerja untuk memperoleh pekerjaan," kata Bupati saat membuka bursa kerja.

Menurut dia, angka pengangguran di Kabupaten Sleman sebesar 5,76 persen dan meliputi warga dengan pendidikan Sekolah Dasar hingga universitas.

"Angka untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Kejuruan (SMK) menduduki posisi tertinggi dalam pengangguran. Semoga dengan Job Fair ini dapat menurunkan tingkat pengangguran di Sleman," katanya.

Rektor Universitas Sanata Dharma Johanes Eka Priyatna mengatakan bahwa universitas memegang peran penting dalam upaya menurunkan angka pengangguran.

"Tantangan dunia kerja saat ini adalah menghasilkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri," katanya.

Penyelenggaraan bursa kerja, menurut dia, bisa menjadi ajang untuk menyelaraskan program pemerintah dan universitas dalam mengatasi masalah pengangguran dan pembangunan pada umumnya.

"Saya berharap universitas juga terlibat dalam persoalan pembangunan, karena ini tanggung jawab bersama, semoga dengan momen ini bisa menyelaraskan program pemerintah dan universitas," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sleman Sutiasih mengatakan bahwa bursa kerja yang diselenggarakan pemerintah kabupaten bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan Universitas Sanata Dharma itu mencakup 40 stan perusahaan serta menawarkan 2.126 lowongan pekerjaan dan 205 lowongan jabatan.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024